Perut Gendut Logo

Sop Buah Pak Ewok

13 Jan 2017



Sop Buah Pak Ewok
majalahouch.com

Saung Pak Ewok lengkapnya bukanlah sebuah tempat berkuliner yang “wah”. Tempatnya pun seperti banyak yang lain di Bogor hanyalah memanfaatkan halaman sebuah rumah di Jalan Bukit Tunggul 5 Taman Kencana Bogor.

Dinamakan sebagai saung karena bangunannya meniru bentuk ‘saung’. Dinding terdiri dari bambu. Begitu pula atapnya yang merupakan anyaman bambu.

Nama Pak EWok sendiri diambil dari logo saung ini yang berupa orang berjenggot tebal alias brewokan. Padahal kalau anda kesana tidak akan ditemukan satu pun pegawainya yang brewokan.

Sop Buah Pak Ewok
indexwisata.com

Perut Gendut - Saung Pak Ewok dikenal oleh warga Bogor karena sop buahnya. Campuran berbagai buah seperti jambu biji, sirsak, strawberry, melon dan beberapa jenis lain yang dicampur dengan yoghurt atau susu merupakan ciri khas tempat ini.

Bahkan banyak pula yang bilang ingin ke “sop buah” yang sebenarnya merujuk ke tempat ini. Sesuatu yang menunjukkan sisi yang membuat saung ini termasuk yang banyak diminati.

Selain sop buah , menu Saung Pak Ewok bisa dikata campur aduk alias gado-gado. Ada makanan tradisional seperti Nasi Timbel beserta lauknya ada pula yang berbau sedikit bule seperti Zuppa Soup dan French Fries alias Kentang Goreng. Ada juga penganan oriental seperti Dim Sum.

Dalam soal rasa , tentu akan tergantung selera masing-masing. Enak atau tidak ditentukan oleh lidah yang merasakan bukan yang menjelaskan dalam tulisan.

Hanya bagi saya sekeluarga Pak Ewok merupakan sebuah tempat favorit untuk jajan. Paling tidak sudah 7-8 kali kami berkunjung kesana. Biasanya pesanan kami jarang berubah sop buah, batagor dan dim sum.

Sop buahnya ngangeni. Rasa asam dari strawberry (dan yoghurt kalau pesan yang versi ini) bercampur dengan rasa manis dari jambu biji dan susu memberikan rasa segar ketika memakannya. Dalam kondisi dingin, rasanya lebih yahud lagi.

Batagor Pak Ewok
foody.id

Batagornya empuk dan renyah. Tidak kering dan tidak gosong. Dicampur dengan bumbu kacang yang tidak pedas. Enak ! Dim sumnya masuk dalam kategori lumayan.

Porsinya tidak seberapa besar sehingga tidak akan membuat anda terlalu kenyang.

Lokasinya yang berada di sebuah perumahan belakang Kantor Telkom Bogor di jalan Pajajaran memberi tempat ini keuntungan sendiri. Lalu lintas kendaraan di dalam perumahan tidak ramai. Ditambah dengan pepohonan rindang membuat suasananya sejuk dan nyaman.

Satu-satunya masalah adalah Saung Pak Ewok sudah cukup terkenal di Bogor. Alhasil antrian pengunjung juga lumayan banyak. Apalagi di akhir pekan, tidak jarang pengunjung harus menunggu untuk mendapatkan tempat.

Saung Pak Ewok tidak wah. Sederhana bahkan lebih mirip seperti tempat jajan anak sekolahan. Hanya saja ternyata bisa menyajikan sesuatu yang cukup istimewa dengan harga yang terjangkau oleh semua kalangan.

Sawung Pak Ewok
rinamutiadewi.com

Cara Menuju Saung Pak Ewok

Bila anda tahu lokasi Makaroni Panggang maka mudah sekali menemukan Saung Pak Ewok. Tempatnya hanya berjarak 300-400 meter.

Dengan kendaraan pribadi :

1) Dari arah Jagorawi , belok ke kanan memasuki jalan Pajajaran.
Setelah dua kali perempatan lampu merah ada belokan menuju Jalan Salak. Ini arah yang anda harus ambil. Jalan ini menuju ke arah Taman Kencana.

Di Taman Kencana belok kanan yang dilanjutkan dengan belok kanan dua kali lagi . Kira kira hanya 200-300 meter dari Taman Kencana

2) Bisa juga dari arah Sempur . Karena jalan Jalak Harupat hanya satu arah setelah pertemuannya dengan jalan Salak, anda tinggal lurus kea rah Taman Kencana. Selanjutnya sama dengan no 1)

Dengan Kendaraan umum :

1) Memakai angkot no 03 merah dari arah Sempur dan berhenti di Taman Kencana dilanjutkan dengan berjalan kaki
2) Dengan angkot 08 merah atau angkutan lain yang melewati jalan Pajajaran turun di jalan Salak dilanjutkan dengan berjalan kaki





Sumber: lovelybogor.com