Perut Gendut Logo

Gudeg Pawon Jogja

Perut Gendut - Geliat Jogja pada saat malam memang menjadi hal yang banyak dicari oleh para mahasiswa maupun wisatawan yang datang di Jogja. Kota yang seakan setiap sudut memberi kenangan tersendiri buat yang pernah datang di kota ini. Kuliner malam di Jogja merupakan suatu kewajiban yang perlu dijalani agar lengkap pulalah kita menikmati kota ini.

Gudeg Pawon Jogja


Gudeg, adalah makanan khas Jogja yang gampang kita temui dijalan-jalan Jogja. Apalagi kalau kita mengunjungi sentra gudeg di daerah Wijilan yang berada di sebelah timur alun-alun utara Jogja, disanalah para pembuat gudeg berkumpul dan menjajakan dagangannya.

Gudeg hampir selalu difavoritkan untuk dinikmati sebagai sarapan pagi. Karena itu, gudeg yang dijual waktu malam cukup bisa dihitung dengan jari. Namun penikmat gudeg malam sebenarnya hampir sebanding dengan penikmat gudeg sebagai sarapan atau makan siang.

Gudeg Pawon adalah salah satu tempat favorit makan gudeg yang buka waktu malam. Tempat ini baru akan dibuka pada pukul 22.00 WIB, namun jangan coba datang tepat pukul 22.00 atau lebih jika tidak mau antri lama. Sebelum buka, para penikmat gudeg sudah antri bahkan 2 jam sebelum tempat itu buka.

Gudeg Pawon Jogja


Keunikan dari gudeg pawon ini adalah disajikan langsung dari pawon (Jawa) yang arti dalam bahasa Indonesianya adalah dapur. Yap, kita akan berdiri antri untuk mengambil gudeg ini di dapurnya langsung. Sembari antri kita bisa melihat proses pembuatan gudeg yang langsung dimasak di tungku saat itu juga.

Lauk di gudeg pawon ini sama seperti gudeg-gudeg pada umumnya, yakni ayam kampung atau telur bulat. Saya saat itu pilih ayam kampung dada sayap, dan diambilkan yang cukup besar, wah lumayan hehe. Rasa dari gudeg ini gurih tidak manis, pedas dari sambel kreceknya pas dan nasi yang pulen serta ditambah perut yang lapar karena menahan untuk tidak makan malam, maka rasa gudeg pawon ini sangatlah sempurna, maknyusss!

Satu yang kurang dari tempat ini adalah keterbatasan ruang makan. Membludaknya peminat membuat kita tidak bisa lama-lama bercengkerama di gudeg pawon ini. Apalagi sebagian ruang makan gudeg pawon ini meminjam emperan dari tetangga warung. Dengan begitu sopan-santun wajib kita junjung dan jangan bikin suara yang gaduh saat makan ya.

Oh iya, untuk harga karena saat itu saya di traktir teman, saya kurang tahu persis harga seporsi gudeg pawon, namun kira-kira untuk seporsi gudeg dengan lauk ayam kampung plus minuman teh hangat saya tafsir kira-kira sekitar 25ribuan, cukup murah bukan.


Sumber