Perut Gendut Logo

Seafood Kali Mati


Kalau mendengar Kalimati pasti kita berpikiran kalau itu adalah sebuah selokan atau kali yang kotor karena sudah mati. Pengertian seperti itu tidak salah sepenuhnya, memang tempat ini berada di samping kali tapi kali ini tidaklah kotor sampai menimbulkan bau yang tak sedap. Tempat ini sudah ada sejak lama dan terkenal dengan seafoodnya yang berada di Jakarta Utara dan hanya buka dari jam 6 sore sampai malam. Kalau anda bertanya kepada teman anda mengenai seafood di Kalimati, mereka pasti tahu karena tempat ini cukup terkenal dan dengan harga yang cukup terjangkau.

Seafood Kali Mati
Suasana di dalam tenda

Pertama-tama saya dengan teman-teman saya menyusuri tenda-tenda seafood di tempat ini. Ada banyak tenda seafood yang berjejer sepanjang jalan di tempat ini dan kami memilih satu tenda yang memang dan cukup ramai sehingga kami memutuskan untuk mencoba makan di tenda seafood ini. Dari segi tempat, tenda ini cukup bersih dan juga pelayanan yang diberikan juga bagus. Makanan yang dipesan tidak lama sudah dapat disajikan dan kita tidak harus menunggu terlalu lama.

Seafood Kali Mati
Udang Rebus

Oke, kita mulai dari makanan yag pertama kali disajikan, Udang Rebus. Kami memesan udang rebus polos yang tidak memakai bumbu apapun, sehingga rasa udang yang ada masih asli dan tidak tercampur rasa apapun. Udang rebus yang disajikan saat itu agak kurang segar sehingga rasa manis dan gurih yang ada pada udang tidak terlalu terasa. Jika udang ini segar, makan rasanya akan sangat nikmat sekali.

Seafood Kali Mati
Cumi Goreng Tepung

Untuk menu kedua yang disajikan adalah Cumi Goreng Tepung. Cumi yang disajikan pada saat itu tidak terlalu besar potongannya sehingga daging dari cuminya juga tidak alot. Rasa dari cumi dan tepungnya juga terasa enak dan segar. Porsi yang disajikan dapat disantap oleh sekitar 6 orang. Menu ini kami rekomendasikan sebagai salah satu yang enak.

Seafood Kali Mati
Kerang Hijau Saus Padang

Selanjutnya adalah Kerang Hijau Saus Padang. Rasa dari kerang hijau ini cukup beragam. Rasanya sudah pasti enak dan segar, ada sedikit aroma amis dalam kerang ini. Dagingnya terasa manis dan kenyal dan walaupun menggunakan saus padang, rasa dari kerang hijau ini tidak lah pedas namun cenderung agak manis dan gurih.

Seafood Kali Mati
Kangkung Cah Tauco

Jika kita menyantap seafood, akan sangat tidak terasa jika tidak memesan menu yang satu ini, yaitu Tumis Kangkung. Entah mengapa, setiap kali menyantap seafood, kebanyakan orang akan memesan tumis kangkung sebagai pelengkapnya. Tumis kangkung yang kami pesan pada saat itu adalah tumis kangkung cah tauco. Rasanya sungguh nikmat dengan potongan cabai yang menambah rasa pedas dalam tumis kangkung ini. Rasa asin dan gurih yang dihasilkan oleh tauco juga nikmat sehingga menambah cita rasa yang beragam di dalam menu kali ini.

Seafood Kali Mati
Cumi Goreng Saus Mentega

Setelahnya, kami juga memesan Cumi Goreng Saus Mentega. Daging cumi yang dipotong tipis-tipis menimbulkan rasa yang gurih dan nikmat sehingga bumbu-bumbunya juga meresap ke dalam daging cuminya. Rasa dari mentega yang sedikit asin gurih ini juga menambak cita rasa dari cumi ini sendiri.

Seafood Kali Mati
Kerang Dara Rebus

Menu terakhir dalam wisata kuliner kali ini adalah Kerang Dara rebus. Dengan harga yang sangat terjangkau, 8 ribu rupiah, anda dapat menyantap sepiring penuh kerang dara rebus yang segar dan nikmat ini. Karena daging kerang dara yang masih segar, menimbulkan sensasi rasa yang segar juga dan manis. rasanya dagingnya kenyal tapi tdiak alot. Daging kerang dara ini sangat cocok dipadukan dengan kecap manis/asin. Rasanya sangat enak, akan tetapi agak sedikit merepotkan dalam memakan kerang ini karena kita harus mengupas kulitnya terlebih dahulu baru dapat menikmati dagingnya yang nikmat.

Seafood Kali Mati

Selesai sudah wisata kuliner kali ini. Bagi anda yang membawa kendaraan, jangan takut karena terdapat sebuah lapangan luas yang bisa anda gunakan sebagai lahan parkir. Akhir kata, susah untuk merangkai dengan kata-kata kenikmatan makanan yang disediakan di tempat ini. Anda harus mencoba sendiri bagaimana sensasi rasa makanan di sini. Selamat mencoba. [Rocky]