Perut Gendut Logo

Ramen 38 Sanpachi


Jika teman-teman semua penggemar makanan Jepang, pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya ramen. Mie khas negeri Sakura ini memang sangat terkenal, bahkan hingga jauh di luar negara asalnya sendiri, Jepang.

Saya sendiri sudah lama mendengar tentang Sanpachi Ramen dari teman-teman saya. Dan bagi saya pribadi, makanan Jepang sendiri merupakan salah satu makanan kegemaran saya. Ditambah hobi saya menyantap segala jenis mie, maka semakin bulatlah tekad saya untuk mencoba 'ramen jagoan' ini. Kebetulan hari Sabtu kemarin saya ada sedikit keperluan di daerah Blok M. Setelah keperluan saya selesai, saya segera meluncur ke Sanpachi Ramen yang terletak di daerah Melawai.

Untuk saya yang buta daerah Blok M, mulanya saya sedikit kesulitan untuk menemukan tempat ini. Setelah menelepon beberapa teman, ditambah bertanya pada tukang parkir, akhirnya saya menemukan restoran ramen ini. Sanpachi Ramen terletak di lantai 2 pada Kamome building, tepatnya bersebelahan dengan Starbucks Melawai.

Begitu sampai ke depan restoran ini, saya sangat excited. Restoran ini betul-betul Jepang banget! Design dan penggunaan warna merah yang dominan membuat saya lupa bahwa saya tengah berada di kota Jakarta. Begitu saya masuk, saya disambut dengan ramah oleh seorang pelayan. Begitu duduk, saya langsung langsung disajikan segelas air dingin dan buku menu. Semakin saya membalik buku menu, saya semakin bingung menentukan pilihan. Semua hidangan yang disajikan di menu terlihat begitu menarik.

Ramen 38 Sanpachi
Suasana di Sanpachi Ramen.

Karena bingung, saya memanggil seorang pelayan untuk menanyakan menu apa yang recommended di sini. Pelayan merekomendasikan Jigoku ramen untuk saya yang suka pedas (saya memesan Jigoku ramen level 2 cabe dari 10 cabe), sedangkan untuk pacar saya yang tidak suka pedas ia merekomendasikan Shoyu ramen yang agak asin dan gurih. Pelayan memberikan 2 opsi daging yang akan digunakan, pork atau chicken. Kami memilih pork supaya rasa ramen yang kami pesan lebih gurih. Untuk minuman, saya tidak terlalu memperhatikan apa saja yang ditawarkan di tempat ini. Saya hanya memesan segelas ocha dingin, mungkin karena saya terlalu excited dengan menu dan tempat ini.

Sambil menunggu pesanan saya datang, saya memandang berkeliling sambil sesekali mengambil gambar. Ternyata banyak sekali orang Jepang yang datang ke tempat ini. Begitu banyaknya sampai saya mengambil kesimpulan rasa ramen yang disajikan di sini adalah rasa ramen asli Jepang.

Tidak lama menunggu, pesanan kami datang. Shoyu ramen berkuah agak coklat, sedangkan kuah Jigoku ramen pesanan saya berwarna sangat merah. Tidak heran mengingat arti Jigoku sendiri dalam bahasa Jepang adalah neraka.

Setelah mengambil sumpit, kami mulai menyantap pesanan kami masing-masing. Saya sulit menggambarkan rasa ramen yang saya pesan. Yang pasti ramen yang saya pesan sangat sedap di mulut. Rasa gurih kuahnya sangat lezat, sedangkan rasa pedasnya membuat saya mencucurkan keringat terus menerus, padahal saya hanya memesan level 2 cabe. Porsinya pun cukup besar, dengan campuran rumput laut di dalam mangkuknya. Untuk Shoyu ramen, campuran dan ukurannya sama, hanya saja kuah yang digunakan lebih asin dan gurih.

Ramen 38 Sanpachi
Shoyu Ramen.

Saya sangat merekomendasikan tempat ini bagi teman-teman penggemar makanan Jepang, khususnya ramen. Kecuali mungkin untuk teman-teman yang Muslim, karena di tempat ini menyajikan pork sebagai dagingnya. Saya sendiri tidak begitu tahu apakah dalam pengolahannya pihak restoran melakukan pemisahan antara pork dengan non pork, mungkin teman-teman yang tetap tertarik untuk mencoba bisa mencari tahu terlebih dahulu sebelum ke sana. Sayang saya tidak sempat memesan menu lainnya, karena perut saya sudah terlanjur kenyang oleh ramen yang saya pesan. Mungkin lain kali ketika saya ke tempat ini lagi, saya akan membuat ulasan mengenai menu lainnya.

Lokasi 
Ramen 38 Sanpachi
Kamome Bldg, 2nd Floor
Jl. Melawai Raya 189B,
Jakarta 12160
Tel: 021-72800268

Ramen 38 Sanpachi
Jigoku Ramen level 2.

Ramen 38 Sanpachi
Seorang customer WN Jepang sedang menyantap ramen.

Ramen 38 Sanpachi
Dinding kedai Sanpachi Ramen.