Perut Gendut Logo

Museum Udon Di Kyoto, Jepang

Bagi Anda yang merupakan pecinta kuliner mungkin tidak akan asing dengan makanan yang bernama udon.. yakk seperti Anda ketahui, udon adalah makanan asal Jepang yang bentuknya seperti mie. Ingin tahu jenis-jenis, rasa, dan bentuk dari udon? Cobalah untuk datang ke museum udon yang berada di Gion, Kyoto, Jepang. Museum ini baru dibuka pada tanggal 22 Desember 2012.

Museum Udon
sumber (merdeka.com)

Hal-hal terbaik tentang Jepang adalah wisata alamnya yang indah dengan berbagai kebudayaannya bahkan sampai berbagai macam hidangan kuliner yang dapat dinikmati. Orang Jepang sangat bangga dengan "Washoku" (makanan Jepang). Salah satu makanan yang cukup populer bagi orang Jepang adalah udon yang sepintas terlihat mirip dengan mie yang biasa kita makan.

Mie udon pada dasarnya dibuat dari adonan yang terdiri dari tepung terigu dan air garam. Adonan biasanya membentang dengan ketebalan yang diinginkan kemudian dipotong menjadi panjang kemudian direbus dan ditambahkan ke dalam sup, atau didinginkan dan dicelupkan ke dalam saus. Cara lain menyajikannya adalah dengan menggunakan air dan direbus dalam nabe atau pot gerabah kemudian ditambahkan sup miso.

Museum Udon adalah tempat di mana Anda dapat pergi untuk belajar tentang berbagai jenis mie udon, dari mana mereka berasal, dan sejarah atau cerita di balik pembuatan mie tersebut. Di musium ini Anda dapat melihat bervariasinya udon, terdapat lebih dari 45 macam jenis udon yang terdapat disana, ada yang berbentuk tebal, tipis, variasi sup nya, cara memakan udon yang benar, bahan2 apa saja yang digunakan untuk memasak udon.

Pengunjung juga akan dimanjakan dengan adanya area restoran yang menyediakan beragam hidangan mie udon yang menggugah selera. Dengan adanya area restoran tersebut, para pengunjung tidak hanya mengetahui berbagai variasi udon dari teori saja, tetapi dapat merasakan langsung perbedaan dalam mie, bahan, dan sup tentunya. Disana juga terdapat sebuah toko yang menjual berbagai hadiah yang ingin Anda bawa pulang.

Udon
sumber (japanesestation.com)

Kabarnya, mie udon sendiri awalnya berasal dari China dan dikenal sebagai semacam makanan ringan. Kemudian di era pemerintahan Edo, beberapa toko mie udon mulai muncul di Jepang dan menyebar ke berbagai wilayah Jepang. Setiap daerah di Jepang menginterpretasikan mie udon sesuai dengan ciri khas daerahnya masing-masing yang membuat udon mempunyai banyak variasi. Datanglah ke museum ini untuk mengetahui variasi-variasi mie udon.

sumber (japantoday.com)