Perut Gendut Logo

Mie Tiaw Daging Sapi Apollo, Pontianak


Berbagai kuliner yang berbau oriental memang gampang ditemukan di ibukota provinsi Kalimantan Barat ini. Wajar, karena selain Singkawang, Pontianak juga terkenal dengan akulturasi budaya Pecinan yang begitu kuat. Menu masakan berupa mie sering digunakan sebagai hidangan utama pada upacara dan perayaan tertentu, karena para keturunan Tionghoa meyakini bahwa mie adalah perlambangan usia yang panjang.

Mie Tiaw Daging Sapi Apollo, Pontianak
banyumurti.net


Sebagai pecinta kuliner berbagai macam mie, Anda wajib mengunjungi kedai yang satu ini selama berada di Pontianak. Terletak di Jalan Pattimura, Mie Tiaw Apollo adalah salah satu kedai mie tiaw yang cukup tua dan terkenal lezat.

Mie Tiaw Daging Sapi Apollo, Pontianak
jurnaltransformasiku.wordpress.com


Mie tiaw Apollo sudah hadir di Pontianak sejak 1968, sesuai dengan yang terpampang pada papan namanya. Lokasi kuliner Pontianak yang satu ini tidak sulit ditemukan karena lokasinya di jantung kota Pontianak yang strategis dan mudah dijangkau, yaitu di jalan Pattimura no.63. Lokasi ini juga dekat dengan pusat oleh-oleh Pontianak juga.


Mie Tiaw Daging Sapi Apollo, Pontianak
foursquare.com


Mie tiaw Apollo ini sendiri mulai buka dari pukul tiga sore, dan tutupnya, jangan kaget ya, tempat ini baru tutup pukul tiga pagi !!!!! Apalagi kalau di hari malam minggu, harus datang dengan persediaan sabar yang melimpah kalau pesan mie tiaw ini di akhir pekan, karena sudah pasti berjubel ngantri nya. Yang mengantri ada yang memesan makan langsung di kedai dan ada juga yang memesan untuk dibawa pulang disantap di rumah.


Mie Tiaw Daging Sapi Apollo, Pontianak
travel.detik.com


Kesan pertama melihat mie tiaw Apollo ini yang berwarna cokelat gelap terlihat seperti mie tiaw ini akan terasa sangat manis. Tetapi ternyata tidak seperti kelihatannya, rasanya justru cenderung asin. Dengan racikan bumbu yang berpadu sempurna, pertanda bahwa mie tiaw ini tidak dibuat dengan asal asalan. Campuran dari mie tiaw ini akan ditemukan daging sapi, babat, tauge dan sayuran.


Mie Tiaw Daging Sapi Apollo, Pontianak
travel.detik.com


Porsi mie ini cukup besar, dengan harga 15 ribu. Relatif murah untuk kuliner. Cita rasa yang diberikan mie tiaw Apollo Pontianak ini patut diberi acungan jempol, apalagi dipadukan dengan segarnya minuman air jeruk Pontianak yang sangat kondang. Minuman air jeruk Pontianak harganya delapan ribu rupiah per gelas nya, harga yang pantas untuk minuman yang memang beda rasanya di lidah dan tenggorokan.