Perut Gendut Logo

McDonald's Australia Ganti Nama Menjadi Macca's

Branding dari suatu produk cukup mempengaruhi penjualan produk tersebut. Tak kadang pula toko-toko mengganti nama tempatnya agar lebih mudah untuk dikenal oleh orang banyak. Hal tersebutlah yang dilakukan restoran cepat saji McDonald's di Australia. Restoran cepat saji ini mengganti namanya menjadi Macca's pada 26 Januari 2013.

'Macca's' adalah 'panggilan kesayangan' warga Australia untuk McDonald's. Berdasarkan survei, sekitar 55% orang Australia menggunakan nama panggilan tersebut. Makanya, bertepatan dengan Australia Day pada 26 Januari 2013, McDonald's mengganti namanya sementara menjadi 'Macca's'.

“Ini merupakan cara yang lebih baik dari kami untuk berterimakasih kepada masyarakat Australia yang begitu bangga dengan restoran kami. Dan, kami benar-benar sangat bangga dengan nama panggilan khas Australia ini,” kata Mark Lollback, Chief Marketing Officer McD Australia kepada Reuters (07/01/13).

Sebanyak 13 gerai di Australia akan mulai mengganti plangnya minggu ini, dimulai dengan daerah New South Wales pada Selasa (08/01/13). Namanya akan kembali menjadi McDonald's pada 4 Februari 2013. Menurut Huffington Post (07/01/13), Macca's merupakan istilah khas Australia terpopuler kedua setelah 'footy', kata yang merujuk ke sepakbola dengan aturan Australia.

Macca
sumber (finance.ninemsn.com.au)

Ketenaran julukan tersebut juga membuat McDonald's meminta 'Macca's' dimasukkan ke Macquarie Dictionary online edisi terbaru. Macquarie Dictionary adalah kamus Inggris Australia yang secara rutin menerima pengajuan kata dan istilah baru. Di sini banyak terdapat nama tempat atau orang populer di Australia.