Perut Gendut Logo

Review makanan memang menjadi topik yang disukai oleh semua orang saat ini. Di dunia ini, terdapat berbagai macam kuliner yang lezat, karena setiap negara memiliki cita rasa tersendiri untuk menghidangkannya. Salah satu kuliner yang booming beberapa tahun belakangan ini adalah makanan dari Korea. Kuliner dari negara tersebut dibawa ke Indonesia bersama dengan maraknya hiburan dari sana yang menyerbu negara kita.

Berikut beberapa makanan khas Korea yang populer dan bercita rasa khas:

Kimchi

Kimchi

(https://www.maangchi.com)

Siapa yang tak kenal kimchi, yaitu sayuran fermentasi yang dibuat dengan berbagai macam bumbu rempah asal Korea. Kimchi telah mendapat tempat di hati penggemar hidangan Korea sejak beberapa tahun lalu. Makanan yang disajikan dengan berbagai rasa, mulai dari asam hingga pedas ini terbuat dari sayur-sayuran seperti lobak sawi, timun dan sebagainya. Bumbunya terdiri atas saus ikan, pasta uang, bawang bombay, bawang putih, jahe dan cabai.

Kimchi ini bisa bertahan lama, terutama jika disimpan di dalam kulkas. Sangat cocok untuk dijadikan teman makan nasi atau mie instan favorit Anda.

Tteokbokki

(http://www.koreanbapsang.com)

Artikel makanan tak akan melupakan hidangan yang satu ini, yaitu Tteokbokki, kue beras yang dicampur daging dan saus sambal. Tteokbokki yang bertekstur kenyal dan mengenyangkan ini memiliki berbagai variasi rasa, mulai dari manis hingga pedas. Di Korea, Anda bisa dengan mudah mendapatkan tteokbokki karena dijajakan oleh para penjual di pinggir jalan.

Bulgogi

Bulgogi

(http://www.koreanbapsang.com)

Keunikan rasa bulgogi dimanfaatkan beberapa pabrik untuk memproduksi mie instan dengan varian rasa tersebut. Itu membuat makanan khas Korea Selatan tersebut semakin populer. Sebenarnya, bulgogi terbuat dari daging sapi tipis yang dipanggang bersama campuran bumbu seperti bawang putih, lada, jahe, kecap manis, minyak wijen dan rempah lainnya yang memberi cita rasa. Hidangan yang bisa membuat perut gendut ini dapat dimakan bersama saus sambal untuk memberi sensasi yang luar biasa di tiap gigitannya.

Bibimbap

Bibimbap

(https://www.maangchi.com)

Siap-siap ketagihan setelah makan bibimbap, yakni nasi campur khas Korea yang dihidangkan bersama sayuran, lauk pauk dan saus sambal khas Korea. Biasanya, bibimbap disajikan dengan menyusun lauk secara rapi supaya tampilannya menarik dan menggugah selera. Umumnya, bibimbap dimakan dengan cara diaduk-aduk sampai tercampur rata.

Jajangmyeon

Jajangmyeon

(http://www.koreanbapsang.com)

Penggemar drama Korea pasti tidak asing dengan hidangan yang bernama jajangmyeon ini. Sebab, hidangan yang berbentuk mie dengan aneka sayuran, daging dan saus kedelai hitam kental tersebut seringkali muncul di drama-drama Korea. Sebetulnya, jajangmyeon mirip dengan mie ayam asal Indonesia, namun bahan-bahan yang digunakan berbeda.

Jajangmyeon biasa dihidangkan bersama acar lobak dan saus kedelai hitam yang memiliki cita rasa khas.

Kimbab

Kimbab

(http://www.misshangrypants.com)

Kimbab merupakan makanan khas Korea Selatan yang hampir mirip dengan sushi. Sebab, kimbab terbuat dari nasi putih yang diisi dengan telur, daging, ikan serta sayuran, lalu digulung dengan rumput laut. Sayur yang umumnya digunakan ialah bayam, acar lobak, timun dan wortel. Tapi, bedanya kimbab berbentuk segitiga, walaupun ada yang bulat seperti sushi.

Kenikmatan kuliner asal Negara Korea memang telah diakui oleh masyarakat Indonesia. Bahkan, sekarang ini semakin banyak rumah makan yang khusus menyediakan hidangan khas negara tersebut demi memuaskan para pecinta drama dan kuliner. Jangan ngiler dulu, karena masih banyak sajian khas Korea yang direkomendasikan oleh review makanan.