Perut Gendut Logo

Artikel makanan dari Jepang pasti dinantikan oleh para pecinta hidangan dari Negeri Sakura tersebut. Jepang merupakan negara yang memiliki kebudayaan unik dan kuat, sehingga banyak orang yang tertarik untuk mengetahui tentang negara itu lebih jauh. Selain itu, Jepang juga terkenal dengan makanan tradisional yang bercita rasa khas. Pasti di antara Anda yang gemar menonton anime atau film Jepang tidak asing dengan makanan-makanan tersebut.

Di antara berbagai kuliner khas Jepang, terdapat beberapa makanan yang harus Anda coba ketika berkunjung ke sana, yaitu:

Sushi

Sushi

(http://www.riversidehappenings.com)

Salah satu makanan tradisional khas Jepang yang mainstream adalah sushi. Selain terkenal di negaranya sendiri, sushi juga digemari oleh orang-orang yang tinggal di berbagai negara termasuk Indonesia. Terbukti dengan banyaknya restoran di negara kita yang menyediakan hidangan tersebut. Sushi sendiri terbuat dari nasi yang diisi dengan makanan laut dan sayuran mentah, lalu digulung serta dihidangkan bersama campuran cuka, gula dan garam.

Takoyaki

Takoyaki

(https://www.deviantart.com)

Review makanan Jepang berikutnya adalah takoyaki, yang mana menjadi camilan favorit untuk menemani lembur atau mengerjakan tugas. Takoyaki terbuat dari adonan tepung terigu yang diisi daging gurita, cumi-cumi dan sebagainya lalu dimasak dalam cetakan berbentuk bulat.

Okonomiyaki

Okonomiyaki

(https://www.tofugu.com)

Okonomiyaki ialah makanan dengan bahan dasar tepung terigu yang diencerkan lalu dicampur dengan telur, daging, kol dan digoreng. Biasanya, hidangan ini disantap dengan kote (sendok datar) yang berfungsi sebagai pembalik okonomiyaki ketika digoreng. Okonomiyaki sendiri biasanya menggunakan daging babi dan cumi.

Ramen

Ramen

(https://greatist.com)

Ramen merupakan makanan asal Jepang yang paling populer karena sering muncul di berbagai anime. Ramen adalah mie yang disajikan bersama kuah kaldu dengan isian berupa menma, chasiu serta irisan daun bawang.

Soba

Soba

(http://justhungry.com)

Soba adalah salah satu hidangan khas Jepang yang bisa membikin perut gendut. Soba sendiri merupakan mie yang terbuat dari tepung gandum dan disajikan bersama kakesoba (kuah soba). Yang unik dari hidangan ini adalah ketika disantap bisa mengeluarkan suara sebagai pujian bagi orang yang telah memasaknya.

Yakiniku

Yakiniku

(http://sg.asia-city.com)

Hampir semua restoran Jepang di Indonesia menyediakan hidangan yakiniku, yaitu daging yang dimasak dengan cara dibakar atau dipanggang. Biasanya, yakiniku menggunakan daging sapi, daging domba, jerohan dan barbeque. Sebenarnya, yakiniku mirip dengan sate dalam penyajiannya, tapi ukuran dagingnya lebih besar. Bumbu yang digunakan pun berbeda.

Mochi

Mochi

(http://simplymochi.com)

Di Jepang ada makanan yang berbentuk bulat lonjong, berukuran mungil dan disajikan dalam berbagai warna, mulai dari merah, hijau, kuning serta putih. Makanan yang bernama mochi itu terbuat dari beras ketan yang dihaluskan dan dibentuk. Ketika perayaan Mochitsuki, biasanya makanan ini disajikan. Rasanya manis dengan tekstur lembut yang lama-lama akan berubah jadi sedikit lengket saat dikunyah.

Dorayaki

Dorayaki

(http://www.ricenflour.com)

Bagi pecinta kartun Doraemon tentu tidak aneh mendengar nama dorayaki. Pasalnya, itu merupakan kue kesukaan sang pemilik kantong ajaib. Dorayaki adalah makanan yang berbentuk bulat, tapi agak ceper dengan cita rasa manis yang dihasilkan oleh madu sebagai salah satu bahan pembuatnya.

Berkunjung ke Jepang tanpa mencicipi aneka kuliner tersebut rasanya kurang lengkap. Anda akan menemukan beberapa makanan yang banyak dijual di pinggir jalan dengan harga yang cukup terjangkau. Makanan-makanan tersebut ada yang bersifat sebagai camilan, ada pula yang memang mengenyangkan, seperti sushi, ramen dan sejenisnya pada artikel makanan di atas.