Perut Gendut Logo

Kopi Angkringan Dago, Bandung


Angkringan (berasal dari bahasa Jawa 'Angkring' yang berarti duduk santai) adalah sebuah gerobag dorong yang menjual berbagai macam makanan dan minuman yang biasa terdapat di setiap pinggir ruas jalan di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Gerobag angkringan biasa ditutupi dengan kain terpal plastik dan bisa memuat sekitar 8 orang pembeli. Beroperasi mulai sore hari, ia mengandalkan penerangan tradisional yaitu senthir, dan juga dibantu oleh terangnya lampu jalan. Makanan yang dijual meliputi nasi kucing, gorengan, sate usus (ayam), sate telur puyuh, keripik dan lain-lain. Minuman yang dijualpun beraneka macam seperti teh, jeruk, kopi, tape, wedang jahe dan susu. Semua dijual dengan harga yang sangat terjangkau.

Kopi Angkringan Dago, Bandung

Dari uraian dari Wikipedia tersebut, makan di angkringan sangat jauh kesan mewah. Beda dengan angkringan yang satu ini, Kopi Angkringan Dago namanya. Konsepnya seperti kafe, jauh dari kesan angkringan yang sebenarnya. Setelah keliling Bandung, Jam menunjukkan jam 11 malam, jalanan bandung makin sepi makin membuat kami bingung mencari tempat makan yang menggugah selera. Akhirnya saya dan teman memutuskan untuk mencoba angkringan yang satu ini. Letaknya di jalan Ir.H. Juanda (Dago), tepat di seberang Superindo Dago. Dari depan tampak restoran 2 lantai yang ada teras dibagian atasnya. Memasuki restorannya disambut ramah oleh pelayannya. Kami pun memilih makan di lantai bawah. Interior meja dan kursi semua memakai tema kayu.

Kopi Angkringan Dago, Bandung

Kami agak sedikit kebingungan memilih makanan dan minuman di resto ini, karena banyak sekali jenis makanan yang dapat kita santap. Bisa dibilang resto ini menjual macam-macam makanan. Mulai dari angkringan, nasi goreng, buntut, iga, ikan, oriental, hingga hidangan barat. Benar-benar bingung untuk memilihnya.

Kopi Angkringan Dago, Bandung
Nasi Kucing Komplit

Kopi Angkringan Dago, Bandung
Nasi Goreng Iga

Kopi Angkringan Dago, Bandung
Seblak

Akhirnya kami pun memilih Nasi Goreng Iga, Nasi Kucing Komplit, Ceker Mercon dan Seblak. Seblak adalah cemilan yang terbuat dari kerupuk yang dicampur dengan dicampur dengan bumbu seperti Cabe, penyedap rasa, bawang putih, kencur, dan tomat. Untuk minuman kami memesan Mojito Leci dan Mojito kiwi.

Kopi Angkringan Dago, Bandung
Mojito Kiwi

Kopi Angkringan Dago, Bandung
Mojito Leci

Makanan pun datang, Nasi goreng iganya sangat terasa bumbu rempah-rempahnya. Porsinya juga cukup banyak. Nah,, Jangan anggap remeh dengan nasi kucingnya, karena nasi kucing sangat pedas. Dan porsinya juga pas dengan adanya sate telur puyuh. Ini pertama kalinya kami mencoba Seblak. Rasanya kenyal dan enak. Yang paling menggiurkan adalah minumannya yaitu Mojito, rasanya asem dan bersoda tapi sangat segar sekali.

Kopi Angkringan Dago, Bandung

Sebenarnya adalah suatu kesalahan pada saat itu. Semua makanan yang kami pesan adalah masakan pedas, sehingga setiba di penginapan, saya dan teman saya tidak dapat menahan diri untuk ke toilet. Maklum saja makanan nya sangat pedas tapi rasanyaaaa tetap mantaaap dan enak. hahaha


Lokasi :
Kopi Angkringan Dago
Jln. Ir. H. Djuanda (Dago) No.53
Kota Bandung, Jawa Barat
Phone: 022 - 4261147