Perut Gendut Logo

Hot Cui Mie Malang
sumber: foursquare.com

Bila kalian jalan-jalan ke Malang, kurang lengkap yach rasanya kalau belum berwisata kuliner di kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur ini. Jangan salah, bukan cuma bakwan malang loh khasnya Kota Apel ini. Salah satunya adalah 'Hot cui mie'. Kuliner khas Malang satu ini adalah makanan yang wajib dicoba bagi para pecinta Mie.

Hot Cui Mie Malang
sumber: foursquare.com

Mungkin sebagian orang ada yang belum tahu apa sih Hot Cui Mie itu? Agak asing memang rasanya jika kamu baru tiba di kota Malang ketika mendengar nama kuliner Hot Cui Mie Malang.

Hot Cui Mie Malang
sumber: foursquare.com

Hot Cui Mie ini merupakan mie dengan sajian yang berbeda dari kebanyakan mie lainnya.
Hot Cui Mie hampir sama dengan mie ayam yang sering kita temui namun bedanya adalah ayam pada Hot cui mie mirip abon karena dicincang dengan halus. Jadi topping ayamnya bukan taburan daging ayam bumbu seperti biasa yang kamu temui di mie ayam pada umumnya, melainkan ayam goreng tepung dicincang halus, teksturnya yang renyah dan crunchy pasti bikin kamu ketagihan. Jadi jika ada mie yang menggunakan potongan ayam yang dipotong dadu jangan bilang kalian lagi makan Hot cui mie ya. Selain itu bila mie ayam menggunakan sawi maka hot cui mie menggunakan selada, tapi jika ada yang request sawi juga bisa, sedangkan menu tambahan lain masih sama dengan menu mie ayam yaitu tetap menggunakan acar timun dan sambal.

Hot Cui Mie Malang
sumber: dianacahya.com

Keistimewaan dari Hot Cui Mie yang menjadikannya berbeda dari mie ayam lainnya adalah pada saos hot-nya yang khas dan tidak dapat dijumpai di tempat lain. Sepertinya saos nya ini buatan sendiri bukan dari pabrik pada umumnya. Karena rasanya yang sangat berbeda seperti saos yang ada di pasaran. Saos ini terdiri atas saos pedas dan tidak pedas yang diberi toping jamur di dalamnya.

Hot Cui Mie Malang
sumber: foursquare.com

Tidak hanya itu, yang lebih spesial lagi adalah mangkok Hot Cui Mie pun bisa kamu makan lho. Lhoh kok bisa??? Tenang bukan mangkok yang terbuat dari beling kok yang kalian makan. Mangkok Hot Cui Mie itu terbuat dari kulit pangsit berukuran besar yang kemudian digoreng berbentuk mangkok sebagai dasar dari penyajian mie-nya sehingga bisa dimakan. Wajar saja slogan yang terkenal di Hot Cui Mie ini adalah "Mangkoknya pun bisa dimakan" sudah sangat dikenal para pelanggan setianya.

Di atas mangkuk pangsit goreng, ada mie, selada/sawi, topping (taburan), dan saus kemerahan, dengan irisan bawang bombai yang mengundang selera. Rupanya, saus kemerahan itulah yang memunculkan kata 'Hot' di depan cui mi.

Bersama cui mie, tersaji semangkuk kecil kuah bening dengan taburan daun bawang, dan bubuk lada.
Selain bawang bombai, ternyata juga ada potongan cabai hijau berukuran besar-besar menyelip di balik saus kemerahan itu.

Cara menyantap cui mi suka-suka kamu saja, enaknya gimana sesuai selera.
Rasa saos yang pedas dan enak terasa lebih jinak saat bercampur dengan mie-nya. Bagi yang tidak menyukai rasa pedas, dapat memilih hot cui mie dengan saos no hot yang tak kalah menyegarkan.

Mie-nya berukuran kecil dan berwarna bersih. Teksturnya betul-betul pulen, lembut, dan kenyal. Aroma minyak bawang yang dipakai untuk membaluri tubuh mie usai direbus samar-samar tercium sedap.

Berbagai macam olahan mie dijual di Hot Cui Mie. Adapun beberapa pilihan mie yang bisa dipesan di sini seperti Yamien (mie khas Malang), Song Mie (mie jamur), Kwetiau dan lain-lain. Oh iya, kedai ini juga menyediakan 'Zuper Duper Yamie' bagi Anda pencinta mie porsi besar. Mie-nya bertaburan ayam cincang halus yang kering yang siap memanjakan lidah dan perut Anda. Istimewanya dari Zuper Duper Yamie adalah, taburannya lengkap, mulai dari bakso goreng, siomay goreng besar, ayam, jamur, hingga sayuran.

Hot Cui Mie Malang
sumber: foursquare.com

Untuk menebus seporsi hot cui mie, kamu cukup merogoh kocek Rp.18.000,- sampai Rp. 25.000,- tergantung dari topping yang dipilih.

Tidak hanya cita rasa kelezatan hidangannya saja, suasana resto yang terkesan oriental dan nyaman semakin menjadikan para pengunjungnya betah berlama lama di kedai ini. Kedai Hot cui mie juga menyediakan fasilitas untuk memanjakan para pengunjungnya seperti AC, sofly instrument.
Kedai Hot Cui Mie banyak cabangnya kok, jadi jangan bingung.
Cabang Hot Cui Mie di Malang:
1.Ruko Kawi Atas 43B MALANG, Telp. (0341) 552420
2.Ruko S. Parman 56 Kav. A-5 MALANG, Telp. (0341) 418428
3.Malang Town Square, Food Court Lt. 3, Telp. (0341) 559254
4.Mall Olympic Garden, Lantai 1 Depan GIANT Malang, Telp. (0341) 363200

Gimana PG'ers pasti kalian penasaran kan?
Kota Malang selain banyak tempat wisatanya, kota ini emang surganya kuliner, Buat pecinta mie silahkan deh datengin aja Hot Cui Mie Malang. Rekomend banget buat penikmat mie.