Perut Gendut Logo

The Australian Coffee School di Sydney

Dalan kesempatan ini, kami mendaftarkan diri pada sekolah Australian Coffee di CBD Sydney. Kelas yang mengajarkan tentang sejarah dan pengetahuan mengenai coffee dan cara bagaimana membuat minuman minuman tersebut.

Setelah menunggu seluruh peserta di kelas datang tepat pada pukul 9.45 am, kelas di mulai. Kelas yang kecil dan di pandu oleh pengajar yang berpengalaman di bidangnya, kami diajarkan mengenai ilmu kopi dan alat alat yang akan di gunakan tanpa mengabaikan faktor keselamatan pengunaan alat alat tersebut. Karena panas yang di hasilkan berkisar 62-67 derajat celcius



Dengan Bahan dasar kopi untuk seluruh minumannya, biji kopi di masukan pada grinder untuk di haluskan dan sesuai dengan minuman yang akan di sajikan, kehalusan kopi dan cara memanaskan susu yang akan di gunakan berbeda untuk setiap minumannya.  Begitu juga faktor susu akan mempengaruhi cara memanaskannya. Gelas nya pun harus berbeda untuk setiap minumannya.



Meskipun sepertinya mudah, akan tetapi faktor pemanasan susu adalah kuncinya dan lamanya yang sangat penting untuk di pelajari. Karena ketika anda mencoba membuat suatu minuman dan anda salah dalam tahap pemanasan susu, hasilnya akan menjadi minuman lain. Tentunya anda tidak mau hal itu terjadi ketika customer telah ada di depan anda. Juga setiap campuran ini adalah uang.




Pada Kelas Barista skill 1, semua peserta diajarkan cara membuat minuman yang sanagt terkenal di coffee shop. Semua peserta di haruskan turun ke mesin yang tersedia dan melakukan training. Semua peserta begitu menikmati dan tentu kita dapat minum hasil kopinya dan pada kesempatan ini saya sendiri membuat lebih dari 20 minuman yang hampir semuanya..."Berhasil". akan tetapi tidak semudah yang saya bayangkan pertama kali. Ternyata minuman minuman tersebut sangat berbeda cara penanganannya.



Pada tahap berikutnya untuk skill 2, kami diajarkan Latte Art, bagaimana mendesign minuman tersebut sehingga menarik. Sekali lagi faktor minuman yang di buat sangat mempengaruhinya. Pertama, dengan mengunakan air, kelas di ajarkan melemaskan pergerakan lengan tangan dan cara bagaiamana pergerakan tangan anda. Akhirnya dengan minuman yang sebenarnya. Kelas ini sangat sulit dan saya harus mencoba dan mencoba terus. Entah berapa minuman telah di buat.



Setelah semuanya di lakukan, bagi yang ingin mengikuti ujian untuk mendapatkan Australia certificate, anda dapat mengikutinya dan anda dapat mempunyai certificate untuk mencari kerja ataupun membuka coffee shop anda. Kami di beri 15 menit untuk manjawab semua pertanyaan. Akhirnya setelah mengikuti ujian, saya lulus.Hari ini, pengetahuan saya bertambah mengenai kopi dan menjadi Barista yang bersertifikat.

Bagi anda yang ingin mengikuti kelas dan mendapat informasi lengkap tentunya anda dapat menghubungi mereka:

The Australian Coffee School

250 Pitt St
Sydney CBD
www.theaustraliancoffeeschool.com