Perut Gendut Logo

Wisata Kuliner Purwakarta
detik.com

Tempat wisata kuliner Karawang dan Purwakarta saat ini semakin marak, dua kota di Jawa Barat ini memiliki makanan khas yang sangat enak dan tidak ada di tempat wisata lain. Jadi jika Anda dalam perjalanan atau ada kunjungan ke daerah PURWASUKA (Purwakarta Subang Karawang) mampirlah ke salah satu tempat makan yang ada disana.

Wisata kuliner memang menyenangkan, terlebih jika bisa menikmatinya bersama keluarga saat libur akhir pekan atau libur panjang tiba. Makanan khas selalu menjadi buruan utama para pencinta kuliner apalagi para pendatang dari jauh. Menikmati kuliner khas daerah menjadi kegemaran sendiri, selain rasa, ada pengalaman yang dapat diceritakan kepada saudara dan juga teman.

Penasaran apa saja makanan khas Karawang dan Purwakarta, berikut ini daftarnya:

10 Tempat Wisata Kuliner Karawang Purwakarta Yang Wajib Dikunjungi

1. Pepes Jambal

10 Tempat Wisata Kuliner Karawang Purwakarta

Pepes Jambal merupakan makanan khas yang ada di daerah Walahar, Kalari, Karawang Timur. Ada dua rumah makan di sana yang menyediakan menu utama pepes jambal yaitu Rumah Makan Pepes Jambal Haji Dirja dan Haji Emin. Akan tetapi menurut penulis yang paling rekomendasi adalah RM. Pepes Jambal Bapak H. Emin, sebenarnya itu sih tergantung selera ya, karena dua rumah makan pepes jambal tersebut memiliki rahasia resep yang berbeda. Kalian bisa mencoba keduanya dan membandingkan mana yang lebih yahud rasanya. Kalo belum naik harga satu pepes jambal adalah Rp 7,000.

2. Sorabi Hijau

Sorabi Hijau

Wisata kuliner Karawang selanjutnya adalah Surabi Hijau. Serabi Hijau merupakan makanan khas Karawang. Warna hijau yang terbuat dari campuran daun suji dan pandan membuat makanan kudapan ini terkenal sampai keluar Karawang, rahasia resep yang dipertahankan hingga sekarang membuat rasa serabi hijau dengklok tetap terjaga. Untuk mengunjungi lokasi tempat berjualan serabi hijau tidaklah sulit, alamat serabi hijau yang ada di rengas dengklok Karawang adalah dekat dengan terminal Tanjung Pura. Dengan hanya mengeluarkan Rp 3,000 saja kamu sudah dapat menikmati enaknya serabi hijau khas Karawang.

3. Ikan Gabus Bumbu Pucung

Ikan Gabus Bumbu Pucung

Makanan khas Karawang yang tak kalah lezat adalah Ikan Gabus Bumbu Pucung. Bagi para penggemar olahan ikan, tentu saja makanan ini dapat memacu selera makan Anda dan menjadi salah satu tujuan wisata kuliner di Karawang yang tak boleh dilewatkan. Menu makanan lezat ini dapat Anda temui di sebuah warung yang berada di desa Panyingkiran Kecamatan Rawamerta, Karawang. Anda dapat memilih ikan yang segar baru di ambil atau yang sudah matang siap makan, untuk yang siap santap harga nya kira-kira Rp 12,000, sedangkan yang segar baru diambil bisa sampai Rp 35,000. Resep Ikan Gabus Bumbu Pucung ini sangat khas sehingga rasanya tetap terjada hingga sekarang.

4. Soto Tangkar

Soto Tangkar Mang Nean

Wisata kuliner di Karawang satu ini juga sangat menggugah selera makan. Adalah soto tangkar, sebuah makanan khas Karawang yang berlokasi di jalan Dewi Sartika samping Hotel Dewi. Sebenarnya ada bebrapa penjual soto tangkar di Karawang, akan tetapi yang paling enak di Karawang dan kami rekomendasi adalah Soto Tangkar Mang Nean. Resep nya asli dan masih terjaga hingga saat ini sehingga rasa yang dimiliki soto tangkar mang nean ini sangat khas. Untuk mencicipi makanan khas daerah Karawang satu ini Anda hanya perlu merogoh kocek Rp 12,000.

5. Soto Gempol

Soto Gempol

Selain soto tangkar mang nean, ada juga menu makanan berkuah khas Karawang yang cukup populer, yaitu soto gempol. Soto gempol merupakan makanan khas Karawang yang sudah ada sejak tahun 1980an. Soto gempol dijual di Pak Haji. Abdul Yukur dan Ibu Hj Fatimah dan lokasi alamatnya adalah jalan Rangga Gede No. 33. Harga yang dipatok tidaklah mahal, wajar untuk jaman sekarang yaitu kisaran Rp 22,000 per porsi. Sedangkan resep yang menjadi andalah kedua penjual tersebut adalah resep andalah yang sudah turun temurun hingga rasanya tidak pernah berubah sampai saat ini. Hingga saat ini soto gempol menjadi salah satu makanan enak yang ada di Karawang.

6. Sate Maranggi Cibungur

Sate Maranggi Cibungur

Beranjak dari Karawang Kota Pangkal Perjuangan saat nya beralih ke kota tetangganya yaitu Purwakarta. Makanan khas Purwakarta yang selalu menjadi andalah wisata kuliner Purwakarta adalah sate maranggi. Sate maranggi berada di daerah Cibungur, jika Anda keluar tol Cikampek gerbang Cikopo ambil ke kanan arah Sadang, Purwakarta, tepat di sebelah kiri jalan ada sebuah rumah makan yang selalu ramai pengunjung itulah Rumah Makan Sate Maranggi. Namun bisa juga keluar tol Sadang ambil arah kiri nanti rumah makan sate maranggi ada di sebelah kanan jalan tepatnya di Jalan Raya Bungursari, Cibungur, Bungursari, Kec. Purwakarta, Jawa Barat.

Rumah makan sate maranggi Purwakarta buka dari jam 9 pagi sampai dengan 9 malam. Yang paling menjadi ciri khas adalah sambal tomatnya yang segar cocok sekali menemani santap sate maranggi ayam maupun sapi. Selain sate, es kelapanya juga sangat khas dan segar, cocok di santap pada siang hari. Satu porsi sate maranggi berisi 10 tusuk di patok harga Rp 10,000. Harga yang cukup murah.

7. Soto Sadang

Soto Sadang

Wisata kuliner di Purwakarta yang tak kalah lezat adalah Soto Sadang. Alamat Soto Sadang Asli Purwakarta ada di jalan Veteran No. 12. Untuk sampai kesana sebaiknya Anda keluar tol Sadang kemudian ambil arah ke kanan menuju kota Purwakarta. Makanan enak yang ada di Purwakarta sejak 30 tahun lalu ini kini menjadi wiskul utama para wisatawan lokal maupun luar Purwakarta. Harga soto sadang satu porsi Rp 27,000, cukup terjangkau karena resep khasnya tidak dapat ditemukan di daerah lain.

8. Nasi Liwet Ibu Dini

Nasi Liwet Ibu Dini

Lanjut menjelajah wisata kuliner Purwakarta lainnya, prinsipnya jangan nanggung ketika berada di kota orang, eksplor terus makanan khasnya sampai puas. Jadi tujuan selanjutnya adalah Nasi Liwet Ibu Dini, yang berlokasi di alamat jalan raya Pondok Salam km 10. Cobalah cicipi kuliner khas Purwakarta satu ini, resep khas Ibu Dini akan membuat Anda ketagihan ingin kembali lagi menikmatinya. Hanya dengan harga Rp 40,000 Anda sudah mendapatkan porsi lengkap nasi liwet Ibu Dini untuk satu keluarga. Selain nasi liwet masih ada menu makanan khas lainnya yaitu kabeulem dan nasi tutug oncom.

9. Aneka Pepes Ibu Ani

Aneka Pepes Ibu Ani

Jika Anda pencinta kuliner khas Sunda maka tempat makan khas di Purwakarta ini adalah surga buat Anda, pasalnya di rumah makan Ibu Ani ini menyediakan aneka ragam pepes khas Sunda, cocok sekali dijadikan destinasi wisata kuliner jika Anda sedang berada di Purwakarta atau memang sengaja mampir ke daerah sana. Berbagai pepes tersedia mulai dari pepes ikan, jamur hingga pepes tahu, dan lain sebagainya. Alamat rumah makan aneka pepes Ibu Ani berlokasi di jalan Ir. H. Juanda No.2 Purwakarta. Harga pepes bervariasi mulai dari Rp 2,000 sampai dengan Rp 10,000, harga yang cukup murah.

10. Ayam Kampung Goreng Sajolna

Ayam Kampung Goreng Sajolna 

Hmm, wisata kuliner Purwakarta yang terakhir adalah Rumah Makan Sajolna, sebuah rumah makan yang menyajikan menu andalah dan istimewa yaitu Ayam Kampung Goreng. Semakin istimewa ketika disajikan dengan sandingan sambal dadakan yang super mantap dan joss bikin ngiler jika diceritakan. RM Ayam Kampung Goreng Sajolna merupakan menu makanan khas yang ada di Purwakarta, resep nenek moyang yang dipertahankan hingga saat ini membuat rasa ayam goreng dan sambal dadakannya tetep nikmat legit terjaga. Lokasi RM Ayam Kampung Goreng Purwakarta berada di alamat jalan Letjen Basuki Rahmat 157. Harga yang dipatok mulai dari Rp 7,000 hingga Rp, 30,000.

Demikianlah daftar tempat wisata kuliner Karawang dan Purwakarta. Tempat-tempat tersebut memang khas sehingga layak untuk dikunjungi dan dicicipi masakannya. Namun selain kuliner di kedua kota tersebut juga menyediakan berbagai oleh-oleh khas yang cocok untuk dijadikan buah tangan seperti simping Purwakarta, kue gonjing Karawang dan juga tahu bumbu sari rasa Karawang.







(sumber: informasi-wisata.com)