Perut Gendut Logo

Variasi Baru Pizza Andaliman Hanya Ada Di Tanah Batak
(print.kompas.com)






Perut Gendut - Pizza, mungkin makanan ini sudah tidak terasa asing bagi para pecinta kuliner, khususnya makanan khas italia. Makanan ini sudah banyak diadaptasi di berbagai negara dengan inovasi beragam. Dan di tanah batak, Anda harus coba cita rasa yang satu ini. Ya, pizza andaliman. Buat beberapa pembaca yang belum merasa familiar dengan 2 kata ini, kita akan coba jelaskan satu persatu.



Pizza

Variasi Baru Pizza Andaliman Hanya Ada Di Tanah Batak
(muda.kompas.id)


Pizza adalah roti beragi yang dipanggang dan biasanya berbentuk bulat, pada umumnya ditaburi dengan tomat dan keju pada diatasnya. Selain itu juga biasanya ditambah dengan daging, sayuran atau bumbu tertentu untuk menambah cita rasa dan pilihan. Pizza pertama kali tercatat pada abad ke-10, dalam naskah Latin dari Gaeta, Central Italy. Pizza modern ditemukan di Naples, Italia, dan kemudian menyebar dan berkembang diberbagai negara dengan cita rasa rasa dan varian.


Andaliman

Variasi Baru Pizza Andaliman Hanya Ada Di Tanah Batak
(tokopedia.com)


Sedangkan andaliman adalah salah satu bumbu dapur yang banyak digunakan dalam setiap masakan orang batak. Andaliman atau yang dikenal dengan nama Zanthoxylum acanthopodium merupakan speseies dari tanaman berbunga dalam keluarga jeruk, Rutaceae. Andaliman terkenal dengan rasanya yang menggetarkan lidah. Bagi para pecinta babi panggang khas batak, bumbu yang satu ini akan cukup familiar meskipun jarang melihat bentuk aslinya.


Pizza Andaliman dengan potongan daging, tomat, sosis dan taburan keju. 

Variasi Baru Pizza Andaliman Hanya Ada Di Tanah Batak
(ipopam.com)


Pizza andaliman adalah salah satu menu yang ditawarkan oleh Cafe Pizza Andaliman Boruku. Cafe ini terletak di JL Tarutung, Km 1, Sangkar Ni Huta, Balige, Toba Samosir, Balige, Sumatera Utara. Karena termasuk salah satu jalur lintas sumatera, cafe ini cukup ramai dengan para pengunjung. Selain disinggahi oleh para pecinta kuliner, turis dan pengunjung lokal, cafe ini juga menjadi tujuan persinggahan bagi sekedar melintas.

Nah, karena kemaren pulang kampung untuk sekedar rehat dari kesibukan ibukota, jadilah mencoba menu yang satu ini. Disamping karena penasaran, juga agar ada bahan untuk ditulis dalam blog ini, dan sekaligus promosi. Namun karena berhalangan untuk makan langsung di tempat, akhirnya kita bungkus untuk makan di rumah.



Dari segiVariasi Baru Pizza Andaliman Hanya Ada Di Tanah Batak
(print.kompas.com)


penampilan, bentuk pizza dan packingnya cukup rapi. Tampilannya cukup menggiurkan dengan 3 jenis saos yang disediakan yang cukup menggiurkan, yaitu saos mayones, cabe, dan andaliman. Saos andaliman adalah saos yang menjadi bumbu utama makanan ini. Saos andaliman yang digunakan merupakan perpaduan antara rempah andaliman, serai, wortel, bunga kol, kacang panjang, dan daun bawang. Semua bahan tadi digiling halus hingga semua bahan tercampur menjadi satu.


Satu potong pizza dengan tambahan saos mayones dan andaliman
Tekstur pizzanya sendiri cukup memikat dengan potongan daging, tomat, sosis dan taburan keju yang semakin mempercantik penampilannya dan rasa. Lelehan kejunya cukup menggiurkan dan menambah sensasi disetiap gigitan jika dinikmati selagi panas, dan ketika dingin potongan pizzanya tetap lembut.

Satu paket lengkap pizza andaliman ala Cafe Pizza Andaliman Boruku
Untuk saos andalimannya, tidak disarankan jika langsung dibubuhkan diatas pizza. Seperti halnya saos yang tidak cocok dengan selera sebagian orang jika dipadukan dengan pizza, mungkin berlaku untuk saos andaliman. Karena selain rasanya yang mungkin tergolong baru bagi pembaca, sensasi getar dilidahnya belum tentu menjadi favorit untuk sebagian orang.

Untuk harga sendiri, 1 pizza andaliman di badrol dari harga Rp7.000,- hingga Rp60.000,- tergantung ukuran dan toping.











(sumber: borukaro.com)