Perut Gendut Logo

Sate.....Sate.....

01 Jun 2017



Siapa yang tidak kenal dengan makanan yang bernama “Sate”. Makanan yang dikenal dari mulai anak-anak sampai orang dewasa.

Di Indonesia ini, Sate ditiap-tiap daerah memiliki ciri khasnya masing-masing, baik dari sisi rasa, penampilan, dan bahan yang digunakan.

Mari kita coba lihat beberapa sate yang ada di Indonesia :

Sate Bulayak
sate bulayak

(4.bp.blogspot.com)

Sate Bulayak berasal dari Pulau Lombok. Kekhasan Sate Bulayak terletak pada bumbunya yang dimasak secara khusus dengan campuran santan kental dan kemiri dan ketupat atau lontongnya yang disebut Bulayak.  Bulayak adalah sejenis ketupat ,dengan bentuk bulat memanjang yang menggunakan daun aren untuk membungkusnya. 

Sate Tanjung
sate tanjung

(asklombok.com)

Sate Tanjung adalah sate ikan yang sangat nikmat dan berasal dari Pulau Lombok juga. Bumbu yang digunakan adalah bumbu khas dengan rasa pedas manis. Sate Tanjung disajikan Bersama Lontong, urap sayur atau policing kangkong. 

Sate Lilit

Sate Lilit berasal dari Bali. Sate lilit terbuat dari daging yang dicincang halus dan dicampur dengan bumbu khas lalu dililitkan pada batang serai.

Daging yang digunakan biasanya adalah daging ayam, sapi, ikan, atau babi. Daging tersebut dicincang halus lalu dicampur hingga rata dengan bumbu seperti santan, kelapa parut, merica, bawang merah, jeruk nipis , dll. 

Sate Maranggi
sate maranggi
(resepnet.com)

Sate ini sangat terkenal di daerah Purwakarta dan Cianjur. Sate Maranggi tidak disajikan dengan saus kacang atau kecap, Karena dagingnya sudah direndam ke dalam bumbu khan yang terdiri dari kecap, jahe, lengkuas, kunyit, ketumbar dan cuka lahang.

Daging yang digunakan biasanya adalah daging sapi atau kambing dan disantap bersama lontong atau ketan bakar dan sambal oncom yang pedas.

Sate Tegal

sate tegal

(infokuliner.com)
Sate Tegal adalah sate kambing atau domba muda yang berasal dari Tegal, Slawi. Daging kambing atau domba muda dipotong dadu disusun pada tusuk sate dari bambu  dikombinasikan  dengan lemak dan hati atau ginjal.

Sate Tegal dihidangkan dengan bumbu sambal kecap yang terdiri dari kecap manis, cabe rawit, bawang merah dan tomat dan dimakan dengan nasi putih.

Sate Ambal
saus sate ambal

(harysoemarwoto.files.wordpress.com)

Sate yang berasal dari daerah Ambal, Kebumen, Jawa Tengah. Daging yang digunakan adalah daging ayam kampung , dipotong dan direndam dalam bumbu. Keunikan sate ini yaitu kuah satenya menggunakan tempe yang ditumbuk sampai halus dicampur dengan cabe dan bumbu-bumbu lainnya.

Sehingga menghasilkan Sate Ambal yang bercita rasa manis, pedas, gurih  dengan aroma rempah yang menggugah selera.