Perut Gendut Logo

Kota Bandung terkenal sebagai salah satu pusat fashion terkemuka di Indonesia. Mulai dari pakaian sampai sepatu dapat dengan mudah Anda temukan di wilayah yang disebut Kota Kembang ini. Tapi tahukah Anda, selain terkenal sebagai pusat fashion ternyata Kota Bandung memiliki beberapa spot kuliner yang bisa membuat perut gendut. Selain itu, beberapa nama jajanan di Bandung memiliki nama yang unik namun memiliki cita rasa yang membuat Anda ketagihan. Daripada penasaran, simak review makanan di Paris van Java!

 

  1. Colenak

Jika peuyeum atau tape sudah terlalu mainstream, cobalah jajanan bernama colenak. Nama colenak sendiri merupakan kependekan dari ‘dicocol enak’. Bahan dasarnya memang terbuat dari peuyeum yang dibakar dan ditambahkan saus parutan kelapa dan gula merah. Rasanya sangat enak dan salah satu makanan khas Bandung paling populer.
colenak

 (http://bisniswisata.co.id)

  1. Cireng

Jajanan unik lainnya yang wajib Anda coba saat traveling ke Kota Bandung adalah cireng yang merupakan singkatan dari ‘aci digoreng’. Umumnya jenis makanan ini dijual polos di tukang gorengan dan bisa dimakan langsung atau ditambahkan sambal, saus, dan kecap. Teksturnya yang kenyal yang berpadu dengan rasa gurih membuat Anda ingin mencobanya berulang-ulang.
cireng

 (http://resepcaramemasak.info)

  1. Perkedel Bondon

Nama makanan ini memang agak nakal dan mengandung konotasi yang negatif, namun jangan pernah meragukan rasanya yang terkenal enak. Perkedel ini terbuat dari kentang yang digoreng di atas tungku api. Uniknya, bahan bakar yang digunakan untuk menyalakan api atau baranya berupa kayu atau arang. Cara memasaknya yang unik inilah membuat perkedel ini sangat nikmat jika dimakan saat masih hangat dengan sambal dan sepiring nasi.
perkedel bondon

 (http://1.bp.blogspot.com)

  1. Keripik Setan

Rasa jajanan ini memang seseram namanya. Tidak percaya? Jenis makanan ini berupa keripik singkong yang dibumbui menggunakan bumbu capai yang sangat pedas. Keripik setan saat ini dijual dalam beberapa merk yang berbeda namun memiliki rasa yang sama, yaitu super pedas. Saat ke Bandung, jajanan ini harus jadi oleh-oleh utamanya.
keripik setan

(http://bumbutabur.net) 

  1. Es Lilin

Nama es ini pernah menjadi judul salah satu lagu Sunda yang legendaris. Tapi Anda jangan salah, es ini tidak terbuat dari bahan lilin yang berbahaya. Es lilin terbuat dari bahan campuran santan, gula, serta susu. Seiring dengan kemajuan zaman, saat ini es lilin dijual dalam beberapa varian rasa seperti strawberry, melon, bahkan rasa leci. Namanya juga es, makanan ini sangat cocok dikonsumsi saat siang hari yang panas.
es lilin

 (i.ytimg.com)

  1. Ulukutek Leunca

Sebagian dari Anda mungkin akan kesulitan mengucapkan nama makanan ini., namun ulukutek leunca merupakan jajanan yang jadi salah satu favorit masyarakat Bandung. Makanan ini terbuat dari campuran oncom dan buah leunca yang diolah dengan menggunakan bahan lain sesuai dengan selera. Konon, menurut masyarakat Jawa Barat buah leunca memiliki khasiat untuk menambah stamina dan keperkasaan pria.
ulukutek leunca
(http://www.kuliner123.com)