Perut Gendut Logo

Setelah kita membahas makanan Afrika Selatan , rasanya tidak lengkap tanpa membahas minumannya. Seperti makanannya, minumana di Afrika Selatan juga dipengaruhi oleh berbagai budaya dari penjajah selama bertahun-tahun.

 

Amarula Cream

Amarula adalah cairan krim dari pohon buah Marula yang dicampur dengan gula dank krim. Pohon Marula disebut juga pohon Gajah , Karena buah pohon tersebut menjadi favorite Gajah-gajah di Afrika Selatan.  Minuman ini mengandung alcohol sebesar 17%.
amarula cream

 (southafrica.net)

Mahewu/Mechow/Umqombothi

Dengan penyebutan yang berbeda dalam Bahasa daerah, bir tradisional Afrika Selatan ini dibuat dari jagung atau sorgum, malt, ragi, dan air. Kental, berat, lembut, sedikit berpasir, sedikit asam, dengan kadar alcohol yang relative lebih rendah.  Secara tradisional minuman ini dibuat oleh para wanita dan langsung diminum. 

Van Der Hum Liqueur

Minuman alkohol beraromatik yang luar biasa ini adalah campuran minuman brandy, wine, kulit buah , jeruk nipis dan rempah-rempah. Minuman ini disuling selama berabad-abad oleh ibu rumah tangga sebelum dipasarkan secara luas.
van der hum

 (thesavanna.co.uk)

Mageu

Mageu adalah minuman non alkohol versi Mahewu . Minuman ini masih banyak diproduksi di rumah-rumah walaupun sudah banyak pabrik yang memproduksi secara massal.

Mageu yang diproduksi secara komersial sering ditambah perasa  dan dipermanis, bahkan ditambah vitamin dan mineral. 

Rock Shandy

Minuman soda yang mewah dan rame rasanya Karena terdiri dari campuran setengah limun, setengah air soda, sepotong lemon, gin merah muda dan banyak es. 

Rooibos

Tumbuhan semak -semak yang dikonsumsi sebagai minuman kesehatan dan bagi orang di Afrika Selatan minumanan ini dianggap sebagai minuman teh, yang disajikan dengan tambahan lemon atau madu.

Tumbuhan ini banyak tumbuh di daerah pegununugan Cederberg provinsi Western Cape di Afrika Selatan.

rooibos tea
(media.mnn.com)