Perut Gendut Logo

Bulan Puasa sudah melewati satu pekan. Ditempat perbelanjaan seperti mall dan pasar-pasar, sudah bermunculan kue-kue kering yang menjadi cemilan wajib di waktu lebaran.

Bahan utama dalam pembuatan kue kering selain tepung dan telur adalah lemak yang biasanya diperoleh dari Butter atau Mentega dan Margarin.

Mari kita simak apa bedanya butter atau mentega dan margarin.
mentega vs margarine

(alfianherbal.com)
Mentega adalah produk susu yang mengandung 80% butterfat yang padat saat temperature dingin atau pada suhu kamar untuk daeerah-daerah tertentu dan cair saat dipanaskan.

Mentega dibuat dengan mengocok susu segar atau fermentasi untuk memisahkan lemak mentega dari buttermilk. Mentega terdiri dari butterfat, protein susu dan air, dan dalam beberapa jenis ditambahkan garam atau bumbu tambahan lain seperti  mentega bawang putih.
garlic butter
(alifeofgeekery.co.uk)

Mentega paling sering terbuat dari susu sapi, dan dapat juga diproduksi dengan menggunakan susu mamalia lainnya seperti, domba, kambing, dan kerbau. Penambahan garam dalam pembuatan mentega selain untuk menambah rasa juga digunakan sebagai pengawet.

Margarin dibuat dari lemak tumbuh-tumbuhan (nabati) melewati proses hidrogenisasi. Proses hidrogenisasi adalah proses yang menggunakan gas hydrogen untuk mengubah minyak nabati cair menjadi padat.

Margarin mengandung banyak lemak tak jenuh yang kaya akan omega 3dan omega 6 yang baik untuk kesehatan. Namun beberapa jenis margarin juga mengandung lemak trans yang merupakan kolestrol jahat. Zat tersebut merupakan hasil sampingan dari proses hidrogenisasi minyak nabati.

Margarin dan Mentega , secara teknis tidak dapat saling menggantikan akan tetapi tidak mutlak. Mentega kurang cocok untuk menggantikan margarin dalam pembuatan kue basah Karena akan menghasilkan teksur kue yang lembek.

Sementara margarin kurang cocok untuk mentega dalam hal membuat kue kering, Karena akan menghasilkan kue dengan tekstur kue yang kurang renyah dan kurang lembut serta cenderung agak keras.

Kendati tidak dapat saling menggantikan secara keseluruhan, keduanya dapat dipadukan untuk mandapatkan hasil yang terbaik.

Semoga bermanfaat .
kue kering basah
(simomot.com)