Perut Gendut Logo

Banyak yang belum mengetahui bahwa Tiongkok juga banyak dihuni masyarakat muslim, namun hal tersebut masih kecil prosentasenya yang paham dengan pernyataan tersebut. Bagi kalian yang penasaran, maka anda disarankan berlibur ke daerah Ningxia, Tiongkok saat Hari Raya Idul Fitri. Daerah Ningxia ini,  memiliki tradisi sangat cocok bagi umat muslim. Selepas sholat Idul Fitri di daerah tersebut terdapat sebuah tradisi yang terjaga dengan baik yakni tradisi panjang. Tradisi tersebut merupakan acara makan makan bersama dengan makanan halal dan tidak membuat perut gendut.

Makanan yang disajikan dalam acara tradisi tersebut semuanya menggunakan bahan halal seperti halnya kentang, roti, daging dan daging domba. Memang untuk daerah Ningxia, Tiongkok utara tersebut mayoritas umat Islam. Maka dari itu akan sangat jarang ditemukan makanan berasal dari daging babi atau dengan daging yang haram. Selain itu juga dalam cara penyembelihannya masih menggunakan syareat Islam. Adapun menu yang paling umum dan menjadi ciri khas di daerah tersebut seperti kebab dan chuan-er.

Dalam tradisi tersebut domba yang sudah disembelih akan dimasak, untuk memasaknya sendiri semua bagian domba termasak seperti jeroan, otak dan bagian lainnya. Menu yang ada dalam tradisi panjang Tiongkok tersebut biasanya di tambahkan dengan kuah kunyit yang tidak bisa dilepaskan. Dalam artikel makanan kali ini anda akan diberikan wawasan terkait tradisi makanan halal di Tiongkok, makanan Tiongkok yang memiliki chiri khas pedas dan menggunakan rempah-rempah seperti lada. Di Tiongkok memiliki dua etnis Muslim besar yakni Uighur dan Hui, namun kedua etnis tersebut memiliki perbedaan dalam jenis kulinernya, berikut ini penjelasannya:

  •  Etnis Hui

Etnis Hui ini yang didominasi pada daerah Ningxia, Inghai, Xianjiang, Gansu dan Tibet, dari semua daerah tersebut menyukai makanan dengan olahan seperti daging domba dan sapi. Untuk makanan halal di daerah tersebut harus anda ketahui sebagai pecinta kuliner dan untuk review makanan. Menu makanan yang sering di konsumsi mereka yakni sop bening dengan tambahan lobah yang di iris dan di kombinasikan dengan potongan daging sapi yang pastinya membuat sop ini lebih lezat.
etnis hui

(http://4.bp.blogspot.com)
  • Etnis Uighur

Di Tiongkok masih memiliki masyarakat dengan agama Islam yang salah satunya pada etnis Uighur, namun untuk jenis kulinernya berbeda dengan Etnis Hui. Masakan khas dari etnis Uighur ini seperti Da Pan Ji yang seperti daging ayam direbus dengan diberi bumbu paprika dan cabe. Untuk penyajian dari Da Pan Ji ini biasanya di kombinasikan dengan mi yang dibuatnya sendiri dengan bahan-bahan sehat dan halal.
da pan ji
(c2.staticflickr.com)