Perut Gendut Logo

PGers, tahukan anda bahwa anda dapat menikmati salju  di Afrika Selatan dipertengahan tahun , yang biasanya hanya dapat dinikmatin pada saat akhir tahun. Afrika Selatan memiliki 4 musim yaitu musim panas, semi, gugur dan dingin. Musim dingin berlangsung dari Juni – Agustus.

winter in johannesburg

( wordfromthesavana.files.wordpress.com)

Sambil menikmati pemandangan di musim dingin di salah satu kota Afrika Selatan , mari kita  lihat-lihat juga makanannya. 

Chakalaka

chakalaka

(blog.getcentre.com)

Chakalaka adalah makanan sayur dengan rasa pedas yang dibuat secara tradisional dari bawang, tomat, kacang-kacangan dan paprika. Untuk menyeimbangkan rasa pedas, kadang kali disajikan dengan Amasi.


Frikkadels
frikadels
(clubnoor.com)

Frikkadels di Afrika Selatan , Perkedel di Indonesia.  Yang membedakannya hanya bahan utama yang dipakai. Frikkadels menggunakan daging sedangkan Perkedel menggunakan kentang.

Daging dicampur dengan bawang merah, telur, roti, cuka, bumbu dan rempah lainnya kemudian dipanggang atau di goreng.

 

Koeksisters

koeksisters

(img.sndimg.com)

Bagi penggemar makanan manis, Koeksisters dapat menjadi pilhan yang cocok. Koeksisters ini rasanya mirip dengan donat (meski lebih manis dan lebih padat). Koeksisters memiliki rasa yang renyah diluar dengan cairan manis  seperti madu dan lengket  di tengahnya.

Malva pudding
malva pudding
(my-easy-cooking.com)

 

Puding Malva adalah puding manis yang berasal dari  Cape Dutch . Malva Puding berisi selai aprikot dan memiliki tekstur karamel yang kenyal. Saus krim sering dituangkan di atasnya saat sedang panas, dan biasanya disajikan panas dengan custard dan / atau es krim. Banyak restoran Afrika Selatan menawarkannya.

Melktert
melkert
(kreatiewekosidees.files.wordpress.com)

 

Di Afrika Selatan disebut melktert , di Indonesia disebut Tart Susu atau Egg Tart (in English). Pastry manis yang terbuat dengan susu, telur, gula, dan tepung.

Perbedaan Melktert dengan Egg Tart atau Tart susu adalah Ratio perbandingan susu terhadap telur yang  lebih tinggi, sehingga menghasilkan tekstur yang lebih ringan dan rasa susu yang lebih dominan.