Perut Gendut Logo

Manfaat Luar Biasa Minyak Biji Rami

Mungkin banyak diantara PG'ers yang belum mengetahui minyak nabati yang satu ini yaitu minyak biji rami. Bahkan mendengar minyak ini kadang tidak pernah. Biji rami adalah tanaman berbunga biru yang tumbuh di padang rumput di Kanada Barat, yang sangat kaya akan minyak. Minyak biji rami adalah minyak alami yang sangat direkomendasikan sumber gizi yang diperlukan oleh tubuh dan dianggap sebagai minyak yang paling kaya dengan omega 3. 

Manfaat Luar Biasa Minyak Biji Rami
www.naturaltherapypages.com.au
 
Minyak biji rami atau yang sering dikenal dengan flax seed oil atau linseed oil mengandung omega-6 dan omega 9, vitamin B, kalium, lesitin, magnesium, serat, protein, dan seng dan juga menyediakan sekitar 50% omega-3, lebih banyak dari kandungan omega 3 yang terdapat pada minyak ikan. Sebagian orang cenderung kurang menyukai minyak ikan karena memiliki bau yang sedikit amis.

Manfaat Luar Biasa Minyak Biji Rami
www.eatright.org

Para ahli gizi dan medis menyarankan untuk mengkonsumsi minyak biji rami sedikitnya 1000 mg setiap hari, tiga kali sehari. Mereka berpendapat bahwa mengkonsumsi 30 gram minyak biji rami setiap hari sangatlah aman dan tanpa efek samping karena treatment pengobatan dan  pencegahan ini bersifat herbal. Perlu diketahui bahwa pengobatan herbal tidak secepat penyembuhan obat kimiawi, karena ia bersifat menyembuhkan bertahap namun jauh lebih aman dari efek samping.

Manfaat Luar Biasa Minyak Biji Rami
www.stylecraze.com
 
Minyak biji rami bisa memiliki efek samping jika diminum dengan obat atau suplemen tertentu, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi minyak rami. Jika kita minum obat untuk pengencer darah, diabetes, kolesterol, obat anti-inflamasi atau obat untuk psoriasis, disarankan untuk tidak mengkonsumsi minyak rami.
 
Minyak biji rami dapat dikonsumsi dengan beberapa cara. Minyak biji rami dapat dicampur pada makanan karena dapat meningkatkan penyerapan makanan. Taburkan diatas salad, jus buah, sayuran atau makanan lainnya. Berikut ini ada beberapa manfaat minyak biji rami untuk kesehatan kita.
 
Kesehatan jantung 
Kandungan Omega 3 asam lemak dalam minyak biji rami berguna untuk menurunkan kolesterol serta trigliserida, dan juga mencegah terjadinya pembekuan di dalam pembuluh darah yang bisa menyebebkan stroke, thrombosis maupun serangan jantung. Biji rami mengandung asam lemak esensial yang bisa mengurangi kolesterol dalam darah. Hal itu juga membuat jantung sehat dan mencegah penumpukan plak di arteri, yang pada akhirnya dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke. Asam lemak yang hadir pada biji rami, juga mengurangi peradangan yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan sirkulasi darah yang buruk. Oleh karenanya, biji rami bisa secara signifikan mengurangi beban kerja pada jantung Anda.
 
Kesehatan kulit
Minyak rami banyak digunakan dalam produk kosmetik high-end seperti lotion kulit, sabun, dan lip balm. Hal itu karena minyak ini mampu menembus lapisan dalam kulit dan mendorong pertumbuhan sel yang kuat agar kulit menjadi halus dan lembut. Ada satu riset yang telah menemukan bahwa ada hasil positif pada kulit kering bila menggunakan suplemen dari minyak biji rami. Selain itu, biji rami juga baik untuk membersihkan kelainan kulit seperti psoriasis, eksim, dan kulit kering. Minyak biji rami mempunyai kandungan antioksidan yang mampu mencegah terjadinya perkembangan kanker kulit dan kulit kering yang disebabkan penuaan dapat kembali lembut, contohnya pada area di sekeliling mata dan juga mulut.
 
Berat badan
Biji rami bisa membantu menginduksi penurunan berat badan karena makanan ini merupakan penekan nafsu makan alami dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Menambahkan hanya empat sendok makan biji rami pada menu makanan Anda, bisa mengurangi nafsu mengonsumsi makanan secara signifikan. Anda juga akan merasa lebih banyak energi dan dapat melakukan olahraga dan kegiatan lainnya untuk menurunkan berat badan. 
 
Kesehatan mata
Mata kering sering terjadi pada wanita dewasa. Jika wanita yang mengalami mata kering mengkonsumsi biji rami yang kaya akan omega-3 ini dalam makanan mereka, maka hanya memiliki resiko 17% lebih sedikit terkena sindrom mata kering.
 
Gangguan pencernaan
Biji rami menyediakan serat larut dengan jumlah banyak yang menjaga saluran pencernaan Anda sehat dan bersih. Oleh karenanya, Anda dapat dengan mudah menghilangkan gangguan pencernaan seperti sembelit dan kembung.
 
Mencegah kanker
Biji rami mengandung banyak sterol dan antioksidan yang bisa membantu mengurangi risiko kanker usus besar, payudara, dan kanker prostat. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa minyak biji rami mengandung lignan 100x lebih banyak daripada biji-bijian lain. Dan orang yang memiliki nilai lignan tinggi pada diet mereka, akan cenderung untuk tidak terkena kanker usus besar dan kanker payudara.
 
Diabetes
Biji rami juga membantu bila Anda berada pada risiko diabetes. Hal itu karena minyak ini bisa mengontrol kadar gula Anda. Lemak sehat pada biji rami membantu dalam penyerapan cepat glukosa dari aliran darah dan dikonversi menjadi energi. Oleh sebab itu, keinginan untuk ngemil makanan manis Anda pun akan berkurang dan tingkat energi akan meningkat.
 
Diambil dari beberapa sumber diinternet