Perut Gendut Logo

Makanan Vietnam di Jakarta memang belum terlalu banyak dan terkenal seperti makanan Jepang ataupun makanan Thailand .

Selama ini makanan Vietnam yang kita kenal hanyalah “PHO” , sejenis kwetiau akan tetapi lebih tipis disiram dengan  kuah kaldu ditambah dengan daging sapi atau ayam dan taburan bawang bombay.

Masih banyak makanan enak  Vietnam lain selain “PHO” yang harus dicoba.

Banh Mi
bahn mi

(growlermag.com)
Banh Mi adalah  roti sandwich Vietnam. Banh mi menggunakan roti Baguette (roti yang renyah diluar tapi lembut didalamnya) dibelah  dan diisi dengan aneka daging sapi atau babi yang dipotong tipis-tipis, ham, mayones, potongan timun, wortel, daun ketumbar dan cabe.

Bun Rieu
bun rieun

(i.ytimg.com)
Makanan sejenis mie kuah , sangat banyak jenisnya di Vietnam. Saking banyak jenisnya mie kuah, Vietanam mendapat julukan “land of noddle soup”.

Salah satu mie kuah yang lezat adalah Bun Rieu. Bun Rieu mempunyai ciri khas di kuahnya, yang terbuat dari kaldu kepiting dan tomat ditambah topping tahu goreng, bakso, potongan daging babi dan pasta kepiting.

Banh Cuon
banh cuon

(vietnamtravel.cheap)
Banh Cuon adalah kue yang menggunakan kulit yang terbuat dari campuran tepung beras and tapioca. Oleh karenanya Banh Cuon bisa disebut juga kue beras. Kulit tipis diisi dengan daging cincang , udang kering, jamur, daun selada atau lettuce, dan sayur buncis, kemudian digulung .

Banh Kot
banh khot

(2.bp.blogspot.com)
Banh Kot adalah mini pancake ala Vietnam. Terbuat dari campuran tepung beras, santan dan sedikit bubuk kunyit untuk memberikan warna sedikit kuning. Adonan dituang kedalam cetakan yang sudah dipanaskan terlebih dahulu dan saat adonan sudah kondisi setengah matang , udang ditempatkan di tengah pancake bersama taburan  daun bawang hijau diatas adonan .

Bo La Lot
bo la lot

(culinaryvietnam.com)
Bo La Lot adalah gulungan daging cincang yang dibumbui dan digulung dengan daun sirih lalu dijepit.  Dimasak dengan cara di panggang di atas arang dengan panas yang cukup sehingga bisa mematangkan bagian tengahnya, sedikit hangus di bagian luar dan memiliki rasa asap yang menambah rasa .