Perut Gendut Logo

Jenis Ikan Laut Yang Dibuat Menjadi Ikan Asin
(lalaukan.blogspot.co.id)






Perut Gendut - Banyak ikan asin yang berasal dari ikan air laut. Ikan ini diawetkan dengan menambah banyak garam sehingga bisa disimpan dalam waktu lama. Hampir di tiap daerah di Indonesia punya jenis ikan laut populer untuk ikan asin.


Beberapa ikan laut ini sangat disukai orang jika sudah diasinkan. Dagingnya tebal, rasanya gurih renyah!


1. Ikan Manyung

Jenis Ikan Laut Yang Dibuat Menjadi Ikan Asin
(id.wikipedia.org)


Ikan manyung merupakan ikan air laut yang diolah jadi ikan asin jambal roti. Ikan ini berukuran besar, berkumis, dan berdaging tebal. Selain dibuat ikan asin, ikan manyung bisa dimasak gulai, pepes, atau ikan asap. Olahan ikan manyung menjadi makanan khas Pantai Utara Jawa (Pantura).


2. Ikan Petek

Jenis Ikan Laut Yang Dibuat Menjadi Ikan Asin
(beritadaerah.co.id)


Ikan petek merupakan salah satu jenis ikan laut yang dibuat jadi ikan asin. Bentuknya lebar dan agak pipih dengan duri yang banyak. Duri tersebut membuat ikan petek tidak cocok digoreng, dipanggang, atau dipepes. Sehingga ikan petek diolah jadi ikan kering asin. Daerah Probolinggo populer sebagai penghasil ikan asin dari petek.


3. Ikan Belanak

Jenis Ikan Laut Yang Dibuat Menjadi Ikan Asin
(anakkualamaras.blogspot.co.id)


Belanak merupakan ikan laut tropis dan subtropis yang dapat diolah jadi ikan asin. Ikan ini memiliki bentuk memanjang, ramping, dan pipih. Jika dilihat serupa dengan ikan bandeng. Ikan belanak mempunyai banyak duri sehingga cocok dijadikan ikan asin.


4. Ikan Kembung

Jenis Ikan Laut Yang Dibuat Menjadi Ikan Asin
(semuaikan.com)


Ikan kembung umumnya diolah jadi ikan asin peda. Ikan peda dibuat menggunakan teknik pengawetan fermentasi dan penggaraman. Terdapat dua jenis peda yaitu peda merah dan putih. Peda merah dibuat dari ikan kembung betina dan peda putih dibuat dari ikan kembung jantan.











(sumber: food.detik.com)