Perut Gendut Logo

Jangan Konsumsi Makanan Ini Tengah Malam
(hellosehat.com)






Perut Gendut - Mengatur pola makan dan waktu makan, belum menjadi perhatian utama bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Di Indonesia, umumnya jika sudah lapar ya langsung makan saja, tak peduli kapan dan bagaimana kondisinya. Padahal mengatur waktu makan juga sangat mempengaruhi kondisi kesehatan dan sistem motabolisme pada tubuh manusia.

Perlu diketahui, kebiasaan makan pada malam hari bisa meningkatkan berat badan dan berujung pada masalah kesehatan lainnya. Menurut para ahli, makan malam sebaiknya memerhatikan waktu dan jenis makanan ataupun minumannya.

Namun, jika memang benar-benar lapar dan tak bisa lagi untuk dihindari, sebaiknya makanlah makanan yang menyehatkan dan tidak menjadi penyebab timbulnya penyakit lain. Setidaknya, ada lima makanan maupun minuman yang sebaiknya tidak dikonsumsi setelah pukul 7 malam, diantaranya yaitu;


1. Makanan Terlalu banyak kalori

Malam hari adalah waktunya Anda untuk beristirahat dengan tidur nyenyak. Tidak disarankan makan malam tinggi kalori. Hal ini dapat membuat Anda kekenyangan, perut yang tidak nyaman, atau gangguan pencernaan. Konsumsi makanan yang terlalu berat seperti tinggi karbohidrat bisa menyebabkan perubahan hormonal yang meningkatkan berat badan.

Penelitian terbaru yang dipresentasikan di European Society of Cardiology Congress melaporkan, orang yang konsumsi kalori dalam jumlah banyak setelah pukul 19.00, mengalami peningkatan tekanan darah.

Terutama di Indonesia yang terasa tidak makan jika tidak menggunakan nasi, sebaiknya di hindari. Karena nasi memiliki kadar kalori dan gula yang sangat tinggi dan akan sangat mudah mengendap menjadi timbunan lemak, jika dimakan di malam hari.

Jangan Konsumsi Makanan Ini Tengah Malam
(hellosehat.com)



2. Makan makanan berlemak

Konsumsi makanan berlemak harus dibatasi, apalagi pada malam hari setelah pukul 19.00. Hindari makanan berlemak tinggi seperti es krim, biskuit, kue, dan cokelat. Jika dikonsumsi secara berlebihan, dapat meningkatkan kadar lemak dalam darah yang menghalangi aliran darah. Pilihlah makan malam yang rendah lemak, seperti sayuran, buah, dan yogurt.

Makanan berlemak sangat banyak sekali dijual di malam hari, seperti nasi Padang, Soto, dan lain-lain. Hampir di sepanjang jalan ibukota para pedagang makanan sangat mudah memikat masyarakat untuk singgah, padahal makan makanan berlemak pada malam hari sama saja dengan merusak sistem ketahanan dan metabolisme tubuh.


3. Minuman alkohol

Sudah makan berat, kemudian disambung dengan minum alkohol pada malam hari sangat tidak disarankan. Tambahan alkohol hanya akan memperburuk kesehatan dan meningkatkan risiko kenaikan berat badan. Lebih baik minum cukup air putih. Karena air putih sangat baik dalam melancarkan darah dan menghilangkan racun yang terdapat di dalam tubuh.

Jangan Konsumsi Makanan Ini Tengah Malam
(hellosehat.com)


4. Makanan Mengandung MSG

MSG atau monosodium glutamat banyak ditemukan pada makanan siap saji dan junk food. Hindari makan mie, camilan seperti keripik kentang, saus asin, dan makanan mengandung MSG lainnya. Terlalu banyak MSG dalam makanan dapat menyebabkan iritasi kulit, peningkatan denyut jantung, ruam, bahkan sakit kepala bagi orang yang sangat sensitif.

Terutama sebaiknya hati-hati jika membeli makanan di luar seperti penjual nasi goreng atau bakso misalnya, karena para pedagang makanan umumnya tidak peduli berapa banyak MSG yang mereka berikan untuk makanan yang mereka jual, selama itu membuat membeli suka dan tertarik.

Apalagi jika makanan yang banyak menganung MSG juga dimakan oleh ibu yang sedang hamil, menyusul atau anak kecil, maka MSG dapat mengganggu kecerdasan otak anak, maupun pertumbuhan otaknya.


5. Kafein

Minum kopi pada malam hari, apalagi menjelang tidur bukan ide yang baik. Kafein dalam kopi menyebabkan seseorang sulit tidur, gelisah, dan jantung berdebar-debar. Kondisi itu dapat terjadi 4-6 jam setelah konsumsi kafein.

Banyak pecinta kopi di Indonesia yang tidak memperhatikan hal ini, terutama mereka yang sudah kecanduan kafein, akan sangat gelisah dan tidak nyaman jika belum meminum kopi. Padahal kopi memiliki banyak efek buruk terhadap kesehatan jantung.

Jadi, mulai kini sebaiknya hati-hatilah dalam mengonsumsi makanan pada malam hari. Pilih makanan yang terbaik untuk anda dan keluarga, jangan sampai makanan yang anda makan justru menjadi penyebab timbulnya berbagai macam penyakit yang dapat mempercepat kematian anda.











(sumber : gerhana85.com)