Perut Gendut Logo

Negara Perancis terutama kota Paris menjadi salah satu tempat liburan favorite orang Indonesia. Khusus di bidang makanan banyak tempat kursus atau diploma yang dapat dijumpai di Perancis. Makanya tidak mengherankan banyak lulusan chef-chef terkenal  berasal dari Pendidikan di Perancis. Dan dibawah ini beberapa makanan yang biasa dikonsumsi oleh penduduk Perancis.

Coquilles Saint-Jacques
coquilles

(i.ytimg.com)
Hidangan pembuka yang mewah, yaitu scallop yang dimasak dengan saus anggur dan topping cream  diatasnya dengan keju parut. Disajikan dengan menggunakan kulit scallop.

Soupe a’ L’oignon
soupe

(images.sweetauthoring.com)
Salah satu  hidangan pembuka yang umum dan menjadi favorite orang Perancis ada soup Bawang . Soup daging yang dimasak dengan menggunakan bawang Bombay dan disajikan dengan tambahan “crouton” dan keju diatas atau sepotong roti besar.

Coq Au Vin
coq-au-vin

(17374-presscdn-0-15-pagely.netdna-ssl.com)
Masakan utama Perancis yang menjadi kesukaan banyak orang , bahkan sampai terkenal ke Amerika. Ayam dimasak dalam saus anggur merah dengan bacon, mentega, dan kaldu daging sapi. Dan rasanya sangat lezat.

Brie
brie de meaux

(4.bp.blogspot.com)
Brie adalah keju  yang bertekstur lembut terbuat dari susu sapi . Sekarang ini sudah banyak varietas Brie yang dibuat diseluruh dunia,  akan tetapi di Perancis , pemerintah hanya mengesahkan 2 jenis Brie yang dijual dengan nama : Brie de Meaux dan Brie de Melun.

Mousse au chocolat

Chocolate Mousse adalah makanan penutup yang merupakan komposisi terdiri dari coklat dan putih telur. Dapat diperkaya rasa dengan penambahan bahan-bahan lain seperti kuning telur, whipped cream, rempah-rempah , dan buah jeruk.

Croissants

Roti yang berbentuk seperti bulan sabit , dibuat dari adonan beragi yang berlapis-lapis. Adonan dilapisi dengan  mentega, digulung dan dilipat beberapa kali berturut-turut,lalu digulung menjadi lembaran, dalam Teknik yang disebut laminating. Proses ini menghasilkan tekstur berlapis dan renyah.

Madeleines
madeleines

(www.belula.net)
Madeleines adalah kue spons tradisional  yang dipanggang  dengan menggunakan cetakan kue yang berbentuk shell/kerang.