Perut Gendut Logo

Berbagai Jenis Sambal Indonesia
Aneka Sambal. (cerdasusahamandiri.blogspot.co.id)






Perut Gendut - Sebagian dari kita yang suka berpergian ke daerah lain mungkin sebelumnya pernah mendengar istilah-istilah atau nama-nama jenis makanan yang hanya ada di daerah tersebut. Begitu pula dengan sambal, sambal mempunyai bahan utama cabai, yang memberikan rasa pedas dan unik. Dengan tambahan bumbu garam, terasi, dan gula, sambal menjadi salah satu unsur khas hidangan di Indonesia. Berikut kami himpun aneka jenis sambal khas yang tersebar di seluruh daerah di Indonesia.



Sambal Bajak

Berbagai Jenis Sambal Indonesia
(masteresep.com)


Jenis sambal dengan bahan tambahan bawang putih, terasi dan bumbu-bumbu lain, yang cara masaknya adalah dengan digoreng. Umumnya sambal ini bisa tahan lama sehingga dikemas di dalam botol atau jar dan dijual.



Sambal Lado

Berbagai Jenis Sambal Indonesia
(kreasiresepmasakanindonesia.blogspot.co.id)


Sambal asal Minangkabau yang berbahan dasar bawang putih, bawang merah, bawang bombay, tomat, garam dan jeruk nipis. Setelah dihaluskan, sambal ini digoreng dengan minyak dan memiliki cita rasa yang sangat pedas.




Sambal Dabu-dabu

Berbagai Jenis Sambal Indonesia
(pinterest.com)


Jenis sambal yang berasal dari Manado. Terbuat dari racikan tomat, garam, bawang merah, kemangi, cabai dan jeruk nipis.



Sambal Kecap

Berbagai Jenis Sambal Indonesia
(resepmasakan20.blogspot.co.id)


Terbuat dari irisan cabai rawit, cabai merah, bawang goreng, kecap manis dan jeruk nipis. Cocok untuk teman makan tahu, tempe, atau telur dadar.



Sambal Pencit/Sambal Mangga

Berbagai Jenis Sambal Indonesia
(cookpad.com)


Sambal terasi dengan irisan buah mangga muda yang memberikan rasa lebih segar.



Sambal Tomat

Berbagai Jenis Sambal Indonesia
(resep.live)


Sambal ini biasanya berbahan dasar tomat segar atau digoreng. Dicampur dengan bahan sambal terasi dengan jumlah terasi yang sedikit. Meninggalkan rasa sambal yang segar dan tidak terlalu pedas. Cocok untuk dikonsumsi dengan ikan.



Sambal Korek

Berbagai Jenis Sambal Indonesia
(cookpad.com)


Sebenarnya bahan utamanya adalah cabai dan garam, disebut sambal korek karena jumlahnya sedikit dan biasanya dikorek dari cobek.



Sambal ijo

Berbagai Jenis Sambal Indonesia
(bumbudasar.blogspot.co.id)


Jenis sambal yang terbuat dari cabai hijau, bawang putih, bawang merah, gula dan garam. Terlebih dahulu bahan-bahannya digoreng dan kemudian dihaluskan.



Berbagai jenis sambal dengan berbagai rasa ini sudah sedari dulu hadir menemani suasana santap keluarga di berbagai daerah di Indonesia. Tapi anda jangan sampai lupa. Untuk solusi mudah makan sambal, selalu hadirkan sambal Terasi Khas Kalimantan Selatan. Sambal ARB, untuk suasana santap yang lebih nikmat.











(sumber : sambalarb.com)