Perut Gendut Logo

10 Jenis Coklat

24 Jun 2017



Ada banyak produk cokelat yang tersedia, dengan variasi jenis, kualitas, dan rasa yang sering membingungkan. Berikut ini panduan singkat tentang jenis-jenis cokelat dan bagaimana kegunaan masing-masing dari tiap jenis cokelat tersebut.

Couverture
couverture

(i.ytimg.com)
Coklat Couverture adalah jenis coklat yang paling banyak dipilih oleh chef professional.  Coklat ini mengandung coklat murni  dengan persentase lemak coklat yang terbanyak  sehingga memberikan warna mengkilap yang bagus. Coklat couverture cocok dipakai untuk dekorasi.

Dark Coklat
dark chocolate
(cimg2.ibsrv.net)

Sering disebut juga coklat “mewah” atau  “pahit”. Coklat jenis ini memiliki kandungan 75% coklat yang solid tanpa ada tambahan gula sama sekali. Dark coklat sangat cocok dipakai untuk pembuatan dessert dan kue Karena rasa coklatnya yang kaya.

Plain Coklat

Kandungan coklat dalam Plain coklat adalah antara 30% dan 70%. Makin tinggi persentase kandungan coklatnya, semakin baik rasanya. Plain coklat banyak digunakan untuk memasak.

Cocoa
cocoa

(organicfacts.net)
Cocoa terbuat dari biji coklat yang dipanggang/diroasted, lalu di giling sampai halus. Cocoa bagus digunakan dalam pembuatan kue dan pudding untuk memberikan rasa coklat yang kuat.

Organic Coklat

Organic coklat adalah coklat yang paling mahal dibandingkan dengan jenis-jenis coklat lainnya . Hal ini dikarenakan kualitas, rasa coklat yang solid, dan diproduksi dari biji coklat yang ditanam tanpa pestisida.

Coklat Chip

Cokelat berbentuk kecil-kecil yang seragam , mengandung lebih sedikit cocoa. Coklat Chip tersedia dalam beberapa rasa yaitu plain coklat , susu dan coklat putih.

Coklat Putih
white chocolate

(perfumaniac.files.wordpress.com)
Coklat putih tidak mengandung cocoa sama sekali, hanya rasa coklat yang diperoleh dari lemak biji coklat. Rasanya manis dan kualitas yang baik terlihat dari rasa coklat yang kaya dan kelembutannya. Melelehkan coklat putih harus dilakukan dengan hati-hati Karena coklat putih tidak dapat menahan panas seperti coklat pada umumnya.

Bubuk Coklat

Bubuk coklat banyak digunakan untuk pembuatan minuman dan kue. Mengandung cocoa yang rendah dan rasanya lebih lembut dan manis .

Milk Coklat
milk chocolate

(i.huffpost.com)
Milk Coklat mengandung 20% coklat murni dan susu. Rasanya manis dan lembut. Jenis coklat ini tidak cocok untuk kue dan di lelehkan.

Coklat – Flavoured (Coklat dekorasi)

Coklat jenis ini adalah campuran dari gula, minyak sayur, cocoa dan perasa lainnya. Rasa coklat sangat kurang akan tetapi sangat cocok dan bagus bila digunakan untuk pembuatan hiasan coklat. Untuk meningkatkan rasa coklatnya, biasanya ditambahkan Plain Coklat pada dilelehkan.


Sumber