Soto Ceker & Ranjau "PAK GENDUT"
by fennny | 02 May 2012

Soto adalah makanan khas Indonesia yang terbuat dari kaldu daging dan sayuran. Daging yang paling sering digunakan adalah sapi dan ayam, tapi ada juga babi dan kambing. Berbagai daerah di Indonesia memiliki jenis soto sendiri, dengan kandungan yang berbeda-beda, misalnya Soto Kediri, soto Madura, soto Betawi, soto Padang, soto Bandung, soto Sokaraja, soto Banjar, soto Medan, coto Makassar. Soto juga dinamai menurut kandungannya, misalnya soto ayam, soto babat, soto kambing. Wah banyak yaaa jenisnya. Soto sendiri memiliki banyak kemiripan dengan sop. Biasanya dinikmati dengan nasi, kerupuk, emping, cabe, dll. 

Setelah seharian berjalan di daerah Sarinah, tidak terasa perut sudah keroncongan. Awalnya ingin makan di McD Sarinah, tapi rasanya bosan juga makan ayam goreng. Akhirnya saya dan teman saya mencari tempat makan di daerah sabang. Tidak ada tujuan tempat makan yang cocok sebenarnya. Tapi sampailah kami di depang lorong bertuliskan "Kompleks Kampung Kuliner Sabang" yang didalamnya ada beberapa tempat makan. Ada tempat makan yang cukup menarik perhatian yaitu SOTO CEKER & RANJAU "PAK GENDUT". Waduh Ranjau?? apa yaaa isinya. 


Soto Ranjau yang berisi tulang muda dan leher ayam.

Mulailah kekepoan saya bertanya ke mas-masnya. Apa sih soto ranjau itu?? Ternyata Soto ini isinya adalah tulang muda ayam dan tulang leher ayam. Soto Pak Gendut ini agak berbeda dengan soto pada umumnya. Sotonya tidak menggunakan suwiran daging ayam tetapi tulang muda. Tulang-tulang muda ini akan membuat anda sibuk mencari daging ayamnya diselah-selah tulang. Kuah sotonya pun sangat sedap sekali. Apalagi disajikan saat masi panas. Dilengkapi dengan bawang goreng, daun bawang dan air jeruk nipis. Gabungan bumbu tersebut menjadikan masakan itu menjadi makin mantap. 


Soto Madura

Tempatnya cukup bersih, luas dan nyaman. Karena saya datang bukan saat jam makan siang, maka kedai soto ini terlihat cukup senggang ditambah lagi hujan deras. Pak Gendut menjual berbagai macam soto, antara lain adalah Soto Ceker dan Soto Ranjau yang menjadi andalannya, Soto madura, soto ayam, soto daging, soto babat, hingga soto kikil. Menu minumannya cukup biasa, ada es teh manis, es jeruk, teh hangat, dan es kelapa. 


Tempe Mendoan, pelengkap

Yang membuat saya makin puas lagi adalah harganya yang cukup murah untuk makanan selezat ini. Harga Sotonya Rp 10.000, ditambah nasi totalnya Rp 15.000, es jeruk / jeruk kelapa Rp 5.000, es teh manis Rp 3.000. Puas sekali saya makan di kedai ini. Perut kenyang tapi tidak membuat dompet kering. hehehe