Sayuran Dari Bunga
by fennny | 25 June 2013

Sayur adalah bagian tanaman yang dimakan bukan sebagai makanan pencuci mulut, biasanya dimasak terlebih dahulu (kecuali dimakan untuk lalap) dan dimakan bersama makanan pokok dan lauk-pauk lainnya. Sebagian sayuran dapat dimakan mentah dan sebagian lagi hanya dapat dimakan setelah dimasak. Sayuran banyak mengandung protein, lemak, vitamin, mineral, garam dan karbohidrat

bunga8
patricjuillet.com

Berdasarkan morfologinya, sayuran dibagi menjadi berbagai jenis. Salah satu jenisnya adalah sayuran bunga. Bagian bunga dari tanaman juga dapat dijadikan bahan masakan. Berikut ini adalah beberapa bunga yang dapat digunakan sebagai sayuran.

Bunga Kol dan Brokoli

bunga8
www.necturajuice.com

Bagian dari kedua sayuran ini yang dimakan adalah kepala bunga. Teksturnya tersusun rapat seperti cabang pohon dengan batang tebal. Sebagian besar kepala bunga tersebut dikelilingi dedaunan. Cara terbaik dalam mengolahnya adalah dengan cara dikukus. Hal ini bertujuan agar segala vitamin dan nutrisi penting di dalamnya tidak hilang selama proses pemasakan. Tergolong sayuran selera Barat. Meskipun begitu bunga kol enak juga dibumbu acar kuning, dipakai untuk bahan sop, atau masakan Cina. Sedangkan brokoli lebih tepat untuk masakan khas Barat, atau ditumis dengan bawang putih dan merica (bumbuCina).

Bunga Tebu

bunga7
www.malaysiavegetarianfood.com

Adalah bunga dari tanaman sejenis tebu. Disebut juga telur tebu atau terubuk (telur ikan) karena bentuknya, warna dan tekstrunya mirip telur ikan, terbungkus oleh belapis-lapis pelepah tipis seperti buah jagung. Bunga tebu ini ternyata kaya akan nutrisi dan zat-zat yang baik dan bermanfaat bagi tubuh. Kandungan mineralnya cukup tinggi terutama kalsium dan fosfor disamping vitamin C yang tak kalah tinggi. Bisa direbus begitu saja lalu dinikmati sebagai sayur lalap, atau dimasak dengan santan dan bumbu atau ditumis. Namun ada juga yang mengkonsumsi dengan cara digoreng dengan menggunakan tepung atau dibuat perkedel. Terubuk bisa dijumpai di pasar-pasar tradisional seperti di pasar Cikini Ampiun.

Bunga Kecombrang

bunga4
www.flexmedia.co.id

Fungsi kecombrang adalah untuk menghilangkan aroma amis ikan pada masakan. Kecombrang yang masih serumpun dengan jahe ini, memiliki rasa yang sedikit pedas mirip dengan jahe. Tak heran jika kecombrang cocok disantap ketika udara dingin untuk menghindari masuk angin.

bunga5 bunga6 
Ayam Rempah Kecombang                                    Sambal Kecomrang
www.sahabatnestle.co.id                                      
www.femina.co.id

Dibelah 2-4, bunga ini memberi cita rasa dan aroma yang khas untuk masakan Indonesia bila menggunakan ikan atau ayam. Selain itu kecombrang enak dibuat sambal, campuran pecel, campuran gulai khas Sumatera dan juga untuk pelengkap pepes ikan. Tapi kecombrang rebus juga disukai sebagai bahan lalap. Di Jawa Barat bunga ini disebut honje, di sumatra namanya kincung.

Bunga Pisang

bunga3
www.fairtradecommunity.com

Biasanya disebut jantung pisang. Menurut penelitian, jantung pisang ternyata kaya akan nutrisi yang baik untuk mengobati berbagai penyakit. Tiap 25 gram jantung pisang mengandung 7,1 gram karbohidrat, 31 kkal kalori, 1,2 gram protein, dan 0,3 gram lemak. Selain itu, jantung pisang juga mengandung banyak mineral, vitamin dan serat pangan. Pilih dari jenis pisang kepok atau pisang batu, enak dipadu dengan bumbu dan santan. Atau sekedar direbus untuk lalap, pecel, atau gado-gado. Walaupun tidak selalu ada bunga pisang kadangkali bisa diperoleh dipasar swalayan. Lepaskan kelopak-kelopak pelindung kuncup bunga pisang yang berwarna gelap, sampai didapat bagia berwarna putih. Belah 2-4, rendam sampai saat diolah supaya warna tidak berubah kehitaman. Rebus, iris melintang sesuai kebutuhan.

Bunga Turi

bunga2
pecelkembangturi.wordpress.com

Berasal dari sejenis tanaman rambat. Turi merupakan tananam asli Indonesia, tetapi kini banyak ditanam di Amerika Latin, Australia, dan Afrika Selatan. Pohonnya bisa tumbuh dengan cepat, sehingga dalam satu tahun saja turi sudah menghasilkan bunga dan polong. Kelopak bunganya melengkung mirip bulan sabit. Ada yang berwarna merah jambu, tapi bunga turi putih lah yang umumnya direbus sebagai salah satu bahan sayuran pecel, janganan (gado-gado khas selera Jawa Tengah), atau ditumis. Agar tidak pahit, angkat benang sarinya.

Bunga Pepaya Gantung

bunga1
www.flickriver.com

Bunga pepaya lazimnya ditemukan pada area pucuk pohon pepaya. Walaupun rasanya pahit cukup banyak peminatnya. Bagi Anda yang tak menyukai rasa pahit bunga pepaya, jangan takut sebab ada banyak trik untuk mereduksi rasa pahit tersebut. Salah satunya adalah dengan merebus bunga pepaya dengan daun jambu batu atau daun jambu air sebelum diolah menjadi tumisan dan jenis kuliner lainnya. Cara lainnya dengan mengurapi bunga pepaya dengan garam agar getahnya hilang.







Diambil dari berbagai sumber