Mengenal Bagian-bagian Daging Kambing
by showoff | 25 October 2012

Sedang bersiap untuk merayakan Idul Adha? Sudah menjadi tradisi setelah kurban berlangsung masing-masing keluarga akan menghidangkan aneka masakan serba daging untuk dimakan bersama-sama, termasuk daging kambing. Kiriman daging kambing yang melimpah saat Hari Raya Idul Adha tak jarang membuat bingung. Sebab, mengolah daging ini tak bisa sembarangan. Perlu trik agar sajian tak menimbulkan bau prengus. Bau prengus bisa merusak citarasa sajian. Bau tajam yang bisa menghilangkan nafsu makan ini berasal dari feromon yang dihasilkan tubuh kambing, terutama kambing jantan. 

Mengolah daging kambing tidak semudah daging sapi, penyebabnya ada dua, yaitu daging kambing punya bau prengus yg sering membuat orang kehilangan selera dan  daging kambing yang alot dan keras. Untuk menghilangkan bau prengus tersebut sebaiknya jdaging kambing jangan dicuci. Pencucian dapat membuat aroma prengus makin terasa. Lumuri saja dengan air jeruk limau atau air jeruk nipis dan biarkan sebentar.


myfilipinokitchen.com 

Kita dapat mengolah daging kambing menjadi hidangan yang lezat dan menggugah selera dengan memahami bagian-bagian daging kambing. Setiap bagian daging kambing memiliki ciri khas tersendiri. Berikut ini bagian-bagian daging kambing dan masakan yang cocok untuk bagian tersebut.


infoternak.com 

Panggul
Karakter dari daging panggul memiliki tekstur yang lebih empuk atau lunak dibanding dengan lamb shank dan aromanya tidak terlalu kuat karena kadar lemak yang lebih sedikit dibandingkan dengan bagian perut. Masakan yang cocok menggunakan panggul kambing adalah: sate kambing, gulai , tongseng kambing.

Kaki depan
Kaki kambing yang utuh terdiri dari paha sampai kaki. Pada bagian ini tekstur daging lebih keras dari bagian lainnya karena otot pada kaki lebih terbentuk. Disarankan untuk masakan yang membutuhkan waktu pemasakan lama agar mencapai keempukan daging yang sempurna. Masakan yang cocok menggunakan kaki kambing adalah: roast lamb, semur, kari.

Iga
Pada umumnya bagian ini lebih empuk dan biasa disajikan dalam bentuk dibakar atau dibuat sup. Sebelum proses pembakaran lebih baik mengolah terlebih dahulu dengan direbus dengan menggunakan panci bertekanan dengan menambahkan daun salam, sereh dan sedikit irisan kunyit untuk menghilangkan bau prengus pada iga. Selain itu juga untuk menghilangkan efek lengket akibat kandungan lemak pada iga. Masakan yang cocok menggunakan iga kambing adalah: iga bakar, sup.

Has luar bagian perut 
Salah satu dagian daging kambing yang memiliki tekstur cukup empuk. Masakan yang cocok menggunakan has luar kambing adalah: rendang, steak, sate

Has dalam bagian perut 
Salah satu dagian daging kambing terbaik, lebih empuk dibandingkan sirloin. Masakan yang cocok menggunakan has dalam kambing adalah: tongseng, sate.

Sengkel atau kaki belakang 
Sama seperti kaki, sengkel memiliki tekstur yang keras. Masakan yang cocok menggunakan sengkel kambing adalah: roast lamb, semur.

Bahu atau punuk (chateaubriand)
Bagian daging kambing yang terletak pada bagian punuk bagian atas. Salah satu bagian daging kambing yang empuk dan lebih mahal dibandingkan bagian manapun. Masakan yang cocok menggunakan chateaubriand adalah: steak, sate.


shebapost.com 

Mengkonsumsi aneka sayuran sangat disarankan setelah memakan daging kambing. Sayuran seperti tomat, mentimun, dan wortel adalah pilihan terbaik. Buah-buahan juga dapat mengimbangi jumlah kalori yang masuk. Jika anda memiliki riwayat penyakit hipertensi atau darah tinggi sangat tidak disarankan mengkonsumsi daging kambing, karena dapat berakibat fatal untuk tekanan darah anda. 



Diambil dari berbagai sumber