Makanan Penurun Kadar Gula Dalam Darah
by showoff | 26 January 2013

Jumlah penderita diabetes terbilang cukup banyak karena pola makan seseorang ataupun jenis makanan yang dikonsumsinya. Bagi para penderita diabetes perlu berhati-hati dalam mengonsumsi makanan agar kadar gula dalam tubuh tidak melonjak bahkan sampai ada yang melakukan diet ketat. Namun, ada juga beberapa jenis makanan yang bisa menurunkan kadar gula darah secara alami, seperti dilansir Third Age.

1. Alpukat


sumber (blog.daleysfruit.com.au)

Bagi sebagian orang alpukat tidak terlalu digemari karena banyak yang bilang bahwa alpukat dapat menyebabkan penyakit kolestrol karena kandungan lemaknya, namun Anda tidak perlu khawatir karena ternyata buah ini mengandung lemak baik. Alpukat kaya akan serat yang memperlambat sistem pencernaan dan mencegah kadar gula dalam darah meningkat terlalu cepat.

2. Buncis


sumber (dunia-sang-maya.blogspot.com)

Di dalam buncis terkandung zat yang dinamakan B-sitosterol dan stigmasterol. Kedua zat inilah yang mampu meningkatkan produksi insulin yang dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Selain itu buncis mengandung sedikit lemak, kaya protein, dan dikemas dengan serat.

3. Kayu manis


sumber (apasih.com)

Kayu manis terbukti dapat menurunkan atau mengontrol kadar gula pada penderita diabetes. Sebuah studi dari US Agricultural Research Service telah menunjukkan bahwa sedikit 1 gram (1 sendok teh) bubuk kayu manis per hari dapat menurunkan 20% gula darah.

4. Ikan


sumber (eemoo-esprit.blogspot.com)

Ikan-ikan seperti salmon, sarden, herring, makarel, dan lainnya sangat baik untuk kesehatan karena kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi. Asam lemak Omega-3 merupakan lemak tak jenuh dengan jenis yang sangat baik yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di American Journal of Nutrition, Asam lemak Omega-3 ternyata juga bisa membantu mengurangi risiko penyakit diabetes.

5. Kacang


sumber (wisegeek.org)

Kacang seperti almond, pecan, walnut, dan peanut kaya akan serat dan mengandung lemak sehat. PIlih kacang yang tidak mengandung banyak garam dan jangan konsumsi terlalu banyak karena kacang mengandung tinggi kalori. Mengonsumsi kacang tak hanya membuat Anda cepat kenyang tetapi juga mengontrol tingkat gula darah Anda.

6. Oatmeal


sumber (lgindonesiablog.com)

oatmeal merupakan sumber magnesium, yang mampu mengatur insulin dan kadar glukosa. Berbagai temuan telah menunjukkan bahwa, selama delapan tahun, perempuan yang makan diet kaya sereal dapat mengurangi risiko diabetes hingga 31 persen. Untuk mendapatkan manfaat optimal, Anda bisa menambahkan susu rendah lemak ke dalam oatmeal.

7. Ubi jalar


sumber (merdeka.com)

Makanan satu ini sangat efektif dalam meregulasi kadar gula darah dengan membantu sekresi dan fungsi insulin. Selain itu, Ubi jalar mengandung serat lebih banyak dibandingkan kentang. Karena itu ubi jalar mampu menurunkan lebih banyak kadar gula dalam darah.

8. Bayam


sumber (foodjimoto.com)

Bayam adalah sumber makanan yang kaya akan vitamin dan mineral seperti asam zat besi, magnesium, folat, dan askorbat. Selain itu, bayam juga mengandung serat dalam jumlah tinggi tetapi karbohidrat sangat rendah sehingga membantu Anda mencapai kadar gula darah yang rendah.

9. Pare


sumber (tseptinia.blogspot.com)

Dosis umum: 50 – 100 mililiter (3-6 sdm) jus per hari. Pare yang pahit ini dianggap mampu membantu sel menggunakan glukosa secara lebih efektif dan meredam penyerapan gula di dalam usus. Para peneliti di Filipina yang meneliti konsumsi pare kepada pria dan wanita dalam bentuk kapsul selama 3 bulan menemukan adanya penurunan gula darah, walaupun sedikit, tetapi konstan.