Kuliner Khas Pulau Kalimantan
by showoff | 14 August 2012

Menjelang peringatan hari kemerdekaan negara kita yang tercinta, ada baiknya kita mengenal kuliner khas Indonesia. Setelah di sebelumnya telah dibahas mengenai beberapa kuliner khas pulau Jawa, maka kali ini akan dibahas mengenai kuliner khas pulau Kalimantan.. Silakan disimak :)

Kalimantan Barat
Cucur

www.perutgendut.com

sumber (
roemahcucur.blogspot.com)
www.perutgendut.com
Bagi Anda yang sering berbelanja ke pasar tentunya tidak akan merasa asing mendengar makanan yang satu ini. Cucur merupakan salah satu kue tradisional atau jajanan kecil di Pontianak. Bentuknya tergolong unik, bulat dengan gerigi-gerigi kecil disampingnya. Kue cucur berasal dari adonan tepung, terigu, gula merah, gula dan sedikit garam serta hanya butuh waktu tak lebih dari 10 menit berada di penggorengan untuk membuatnya.
www.perutgendut.com
Bubur Pedas
www.perutgendut.com

sumber (
id.wikipedia.org)

Bubur pedas adalah makanan khas suku Melayu Sambas, Kalimantan Barat. Dahulu bubur pedas ini disajikan di kerajaan. Makanan ini dinamakan bubur pedas bukan karena menggunakan cabai yang banyak, namun aroma rempah-rempah dalam bubur ini. Bubur pedas dimasak  dengan mencampuri beras sangrai dan kelapa sangrai yang ditumbuk halus dengan berbagai bumbu seperti lengkuas, cabai, bawang merah, bawang putih, lada hitam, sereh, jinten, ketumbar, kunyit, adas, daun salam, dan aneka sayur yang sesuai dengan selera.

Pisang Goreng Pontianak

www.perutgendut.com

sumber (
diajar-masak.blogspot.com)
www.perutgendut.com
Pisang goreng pontianak sama halnya seperti pisang goreng biasa, namun dibanding pisang goreng lainnya, Pisang Goreng Pontianak memiliki sesuatu yang unik dikarenakan adanya kremesan yang membungkus pisang goreng tersebut, sehingga akan terasa sangat renyah saat di kunyah. Namun tepung/keremesnya tidak terlalu banyak, sehingga, bentuk asli pisang masih terlihat. Pisang goreng Pontianak adalah jajanan dengan bahan dasar berupa pisang kepok yang dilapisi dengan tepung terigu, telur, serta berbentuk kipas. Keunikan yang lainnya adalah proses penggorengan yang dilakukan 2-3 kali untuk memberikan rasa yang khas serta garingnya yang merata antara pisang dan kremes.

Tempoyak

www.perutgendut.com

www.perutgendut.com
Tempoyak adalah masakan yang berasal dari buah durian yang difermentasi. Tempoyak merupakan makanan yang biasanya dikonsumsi sebagai lauk teman nasi. Tempoyak juga dapat dimakan langsung (hal ini jarang sekali dilakukan, karena banyak yang tidak tahan dengan keasaman dan aroma dari tempoyak itu sendiri). Selain itu, tempoyak dijadikan bumbu masakan. Pembuatan tempoyak diawali dengan memilih durian yang matang kemudian dagingnya dipisahkan dari bijinya, dibubuhi garam atau ditambahkan juga cabe rawit sebagai katalisator proses fermentasi. Durian tersebut lalu di simpan di wadah tertutup dalam suhu ruangan selama kurang lebih 3 hingga 5 hari. Setelah difermentasi, tempoyak siap dimasak dengan cara seperti memasak sambal goreng.

Kalimantan Selatan
Soto Banjar

www.perutgendut.com

sumber (
mia-wulan.blogspot.com)
www.perutgendut.com
Soto Banjar adalah soto khas suku Banjar, Kalimantan Selatan dengan bahan utama ayam dan beraroma harum rempah-rempah seperti kayu manis, biji pala, dan cengkeh. Soto berisi daging ayam yang sudah disuwir-suwir, dengan tambahan perkedel atau kentang rebus, rebusan telur,  dan ketupat. Seperti halnya soto ayam, bumbu Soto Banjar berupa bawang merah, bawang putih dan merica, tapi tidak memakai kunyit. Bumbu ditumis lebih dulu dengan sedikit minyak goreng atau minyak samin hingga harum sebelum dimasukkan ke dalam kuah rebusan ayam. Rempah-rempah nantinya diangkat agar tidak ikut masuk ke dalam mangkuk sewaktu dihidangkan.

Pakasam

www.perutgendut.com

www.perutgendut.com
Pakasam merupakan ikan yang telah di Jaruk (istilah banjar) untuk pengawetan makanan dengan asam atau garam. Ikan diasami selama beberapa hari, dengan memakai sedikit cuka dan taburan nasi dingin yang dikeringkan dan disangrai, lalu kemudian ikut diasamkan dengan ikan tadi. Biasanya ikan yang paling banyak digunakan adalah Ikan sepat, tapi bisa juga ikan air tawar yang lainnya. Pakasam sendiri ada dua jenis, ada yang asam yang bentuknya basah, dan ada yang bentuknya kering, Pakasam akan bertahan lama jika di simpan dalam lemari pendingin. Beberapa orang menyebutnya dengan nama Iwak Haruk, haruk artinya buruk atau busuk.

Mandai

www.perutgendut.com

sumber (
danielzaidi.com)

Mandai atau kulit buah Tiwadak (cempedak). Orang Banjar menyebut kulit cempedak sebagai mandai dan ada juga yang menyebutnya dami. Mandai sudah lama dijadikan lauk alternatif bagi orang Banjar, kalau hanya mengingat untuk memakan buahnya kebanyakan orang tidak terpikir untuk memanfaatkan kulitnya. Sebelum diolah, kulit cempedak dikupas bagian luarnya sehingga tampak putih kemudian dibersihkan. Mandai biasanya tidak bisa langsung digoreng tetapi harus direndam lebih dulu di dalam air yang bertujuan untuk membuatnya menjadi lunak dan mudah pada saat akan digoreng.

Kalimantan Tengah
Juhu Umbut Rotan

www.perutgendut.com

www.perutgendut.com
Bila mendengar kata rotan, tentu kita akan teringat pada kerajinan tangan seperti anyaman. Namun, di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, rotan bisa dijadikan bahan makanan. Sepintas, umbut rotan mirip opor berisi rotan dan talas, tapi kuahnya lebih encer. Bumbu kuah umbut rotan terdiri dari kemiri, kunyit, lengkuas, bawang putih, bawang merah, dan garam. Rotan yang digunakan adalah rotan yang masih muda. Cara memasak umbut rotan cukup sulit karena pertama-tama kita harus membersihkan duri yang menempel di umbut rotan. Lalu kulitnya dibuang dan bagian dalamnya yang agak lunak dipotong sesuai selera. Kemudian, rotan direbus selama kurang lebih lima menit agar tidak terlalu keras sekaligus mengurangi rasa pahitnya. Saat dimakan, memang terasa sedikit rasa pahit, tapi tetap rasa gurihnya mendominasi.


Kalimantan Timur
Ayam Cincane

www.perutgendut.com

sumber (
femina.co.id)

Ayam Cincane adalah salah satu kuliner andalan di kota Samarinda. Biasanya, kuliner ini dijadikan hidangan utama ketika masyarakat Samarinda menyelanggarakan pesta pernikahan atau acara menyambut tamu kehormatan. Ketika sedang berwisata kuliner ke kota Samarinda, menu Ayam Cincane dapat dijumpai di beberapa kedai ataupun rumah makan. Untuk membuat menu Ayam Cincane khas Samarinda tidak sulit. Pertama, siapkan beberapa potong daging ayam kampung. Sebelum dimasak, daging ayam itu diberi perasan air asam Jawa untuk menghilangkan bau amis. Kemudian, ayam ditumis dan ketika terlihat setengah matang, daging ayam disiram dengan sedikit santan atau air perasan kelapa muda yang telah diparut. Sambil menunggu santan itu mengering, anda dapat menyiapkan bumbu Cincane. Bumbu Cincane itu terdiri dari aneka bumbu dapur seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe, serta lengkuas yang dihaluskan. Setelah santan mengering, angkat daging ayam itu kemudian tiriskan.

Bubur Gunting

www.perutgendut.com

www.perutgendut.com
Ketika mendengar namanya, tentu tidak akan terpikir kalau bubur gunting merupakan sebuah minuman. Bubur gunting berbahan dasar ketan. Dinamakan bubur gunting dikarenakan adonan yang di bentuk akan di potong-potong menggunakan gunting dan juga bentuknya yang mirip dengan gunting. Sedangkan untuk rasanya bubur gunting ini mirip dengan bubur sumsum yang sering ditemui.

Gence Ruan

www.perutgendut.com

sumber (
m.detik.com)
www.perutgendut.com
Di Kalimantan Timur, hidangan ikan bakar kebanggaannya disebut gence ruan atau gence ikan haruan. Gence adalah nama untuk sambal goreng yang disiramkan di atas ikan bakar. Sedangkan haruan adalah referensi untuk ikan gabus dalam bahasa setempat. Berbeda dengan ikan bakar yang lainnya, Gence haruan menampilkan sambal yang masih kasar (tidak dibuat dengan sambal yang halus). Ikan gabus yang dibakar lengkap dengan sisik sampai kehitaman akan memperkuat kesan “garang” dari sajian ini.