Jenis-jenis Sosis Jerman
by fennny | 16 May 2012

Makanan yang satu ini sudah menjadi favorit setiap orang. Sosis adalah suatu makanan yang terbuat dari daging cincang, lemak hewan, terna dan rempah, serta bahan-bahan lain. Sosis umumnya dibungkus dalam suatu pembungkus yang secara tradisional menggunakan usus hewan, tapi sekarang sering kali menggunakan bahan sintetis, serta diawetkan dengan suatu cara, misalnya dengan pengasapan. 

Salah satu produk daging terbanyak yang dihasilkan oleh Jerman adalah sosis. Terdapat lebih dari 1500 jenis sosis dari seluruh Jerman. Wurst atau sosis khas Jerman, merupakan jenis makanan favorit warga Jerman yang telah ada sejak zaman kuno. Setiap daerah membuat jenis Wurst khas dengan menggunakan metode turun-temurun. 

Jenis sosis yang banyak dimakan antara lain Bratwurst khas Nürnberg, Wurst yang terbuat dari daging babi berbumbu, Rotwurst dari Thüringen, Weisswurst dari München, serta ham khas Bayern. Orang Jerman biasanya memakan Wurst dengan roti dan olesan moster. Walaupun sosis asal Frankfurt disebut pula dengan nama Frankfurter, namun di Amerika Serikat dan Jerman dinamakan Wienerwurst (Sosis Wina) dan di Austria sendiri dinamakan Frankfurter. Berikut ini dibahas mengenai beberapa jenis sosis dari Jerman. 

Knackwurst


Sumber : commons.wikimedia.org

Sosis tebal berukuran pendek ini, berbentuk pendek dan kekar. Berbahan utama daging dengan bumbu bawang putih yang membuat aroma dagingnya makin harum. Biasa disantap bersama salad kentang, asinan kubis dan mustard. 

Drei im Weggla 


Sumber : nordbayern.de

Sosis berukuran ramping ini umumnya dimasak agak hangus di atas panggangan terbuka. Jarang sekali yang memasaknya dengan cara direbus atau digoreng. Sedap disantap bersama mustard dan sepotong roti. 

Weisswurst


Sumber : majin.myhome.cx

Sosis berwarna putih ini adalah sosis tradisional asal Jerman Selatan. Dibuat dari daging sapi muda sedang sedikit tambahan kulit babi untuk variasi rasa dan dibumbui dengan peterseli, bawang, lemon, dan kapulaga. Setelah direbus, weisswurst dihidangkan dengan pretzel dan gandum. Karena sosis ini tidak mengandung bahan pengawet, secara tradisional Weisswurst biasanya dimakan sebelum tengah hari. 

Blood Sausage-Blutwurst


Sumber : realfoodfans.com

Blutwurst, atau sosis darah, dibuat dengan babi beku atau darah sapi dan juga mengandung pengisi seperti daging, roti, lemak, atau oatmeal. Penyajiannya diiris dan dimakan dingin, pada roti. 

Landjäger


Sumber : euro-goodies.com

Secara tampilan, sosis ini kurang sedap dipandang. Landjäger adalah jenis sosis kering yang berasal dari daging sapi, daging babi, lemak babi yang dicampur dengan gula dan rempah-rempah. Landjager adalah salah satu sosis yang kaya bumbu. Sosis yang biasanya disajikan bersama kentang ini dibumbui dengan anggur merah, gula, biji jintan, mustard, dan lada. Dapat dihidangkan dingin ataupun direbus. 

Teewurst


Sumber : muehlenberger.de

Teewurst adalah sosis kering atau mentah yang terbuat dari daging babi, bacon, dan daging sapi yang difermentasi. Teewurst cocok dihidangkan menjadi sandwich. Rasa khas dari sosis ini adalah sedikit asam.

Wollwurst


Sumber : hanskupfer.de

Rebus, dinginkan, lalu goreng. Begitulah sosis ini biasa dimasak untuk mendapatkan rasa garing di bagian luar. 

Cervelat


Sumber : flickr.com/photos/kochtopf/189309124/

Dulu, cervelat berbahan dasar otak. Tapi kini sudah jarang yang menggunakannya. Sesuai tradisi di sebagian Jerman, bagian ujung sosis dibelah agar hasil masakan tampil indah.

Frankfurter-Bockwurst


Sumber : knackwurstwissen.blogspot.com

Bockwurst berasal di Frankfurt dan terbuat dari daging sapi muda dengan beberapa daging babi atau daging lainnya dan dibumbui dengan garam, lada dan paprika. pengolahannya cukup direbus dan dimakan dengan bir Bock dan mustard. Ini terlihat seperti hot dog yangmelengkung.

Nürnberger Rostbratwurst


Sumber : hanskupfer.de

Nürnberger Rostbratwurst adalah sosis bratwurst dengan ukuran kecil (sebesar jari kelingking), yang dibumbui dengan marjoram, kemudian panggang dan disajikan dengan kentang bersama saus lobak. 


Sumber : Berbagai Sumber