Chatime, Fenomena Baru Kuliner Minuman di Indonesia
by ronald | 06 May 2012

Dunia kuliner memang merupakan salah satu dunia yang sangat cepat berkembang. Sebut saja Starbucks, Seven Eleven, Sour Sally, dan masih banyak lagi brand kuliner yang bermunculan dan menjadi icon gaul bagi masyarakat kota besar. Belakangan ini di Indonesia, khususnya di kota-kota besar, terdapat tren baru di bidang kuliner.

Adalah Chatime, sebuah brand asal Taiwan yang semakin melebarkan sayapnya di Indonesia. Pertama kali mendengar tentang Chatime, yang melintas di pikiran saya adalah cafe yang menyediakan aneka macam teh, yang biasa ditemui di mall. Hanya saja yang membuat saya tidak habis pikir, setiap kali saya melewati lokasi tempat Chatime ini berada, hampir selalu terdapat antrian pengunjung yang rela menunggu lama untuk membeli minuman di sana. Saya pribadi memang penggemar teh, tetapi tidak segitu gemarnya sampai harus mengantri demikian panjangnya.

chatime

Sampai pada suatu hari saya tidak dapat menahan rasa penasaran saya, akhirnya saya menemukan sebuah counter Chatime yang tidak terlalu ramai. Berbekal kecintaan saya terhadap minuman, maka saya memutuskan untuk ikut mengantri. Sesampainya di depan kasir, seorang pelayan dengan ramah menanyakan apa yang hendak saya pesan.

Daftar minuman yang begitu panjang pada menu, ditambah dengan gambar-gambar menarik, membuat saya kebingungan. Maka saya bertanya kepada sang pelayan, minuman apa yang recommended di Chatime ini. Sang pelayan pun dengan ramah menjelaskan kepada saya, bahwa minuman yang direkomendasikan dapat dilihat dengan tanda hijau pada menu. Ia juga menerangkan secara singkat isi dari setiap minuman, dan bertanya kepada saya jenis minuman apa yang saya suka.

Sambil berpikir dan melihat daftar menu, saya menyadari bahwa ternyata Chatime ini tidak hanya menyediakan teh, tapi juga minuman lain seperti kopi dan juice. Sejujurnya saya tertatik mencoba kopi, tapi sesuai nama tempat ini adalah Chatime, maka saya memutuskan untuk terlebih dulu mencoba teh yang ditawarkan.

Akhirnya saya memesan segelas Hawaii Fruit Tea dengan rainbow topping dan segelas Pearl Milk Tea. Tentu saja kedua minuman ini merupakan minuman yang direkomendasikan di menu. Untuk harga per minuman, rata-rata ukuran large berkisar antara 20 - 25 ribu rupiah/gelas. Tidak terlalu mahal, mengingat ukuran gelas large di Chatime ini memang besar, mungkin kalau dibandingkan sama seperti ukuran Aventi di Starbucks. Jika Anda merasa ukuran large terlalu besar, Chatime juga menyediakan ukuran yang lebih kecil, yaitu ukuran reguler.

chatime

Sekitar 5 menit setelah membayar, minuman pesanan saya pun selesai dibuat. Ketika hendak membawa kedua minuman pesanan ini ke meja yang disediakan, sang pelayan memberikan saya sebuah kartu member. Ternyata setiap pembelian segelas minuman di Chatime, kita akan mendapatkan sebuah cap. Jika cap terkumpul sampai 10 buah, maka kita akan mendapatkan gratis segelas minuman pilihan kita sendiri. Lumayan juga ya?

Setelah menemukan tempat duduk, saya mulai mencoba minuman yang telah saya pesan. Untuk rasa, saya merekomendasikan minuman ini. Hawaii Fruit Tea yang saya pesan benar-benar terasa segar di mulut. Sedangkan untuk Pearl Milk Tea, rasa susu dan tehnya berpadu dengan pas. Jika biasanya rasa milk tea banyak didominasi susu, maka Pearl Milk Tea yang saya pesan ini tidak demikian. Selain itu topping yang digunakan juga membuat rasa kedua minuman ini menjadi semakin unik.

chatime

Secara keseluruhan, saya merekomendasikan tempat ini sebagai tempat duduk-duduk santai bersama teman dan keluarga. Jika Anda kebetulan sedang berjalan-jalan di mall dan bosan nongkrong di tempat yang itu-itu saja, maka Chatime bisa menjadi alternatif yang menarik. Untuk lokasi Chatime, saya sendiri belum banyak menemui di Jakarta. Yang saya tahu saat ini ada di Central Park Mall, Plaza Semanggi, dan Grand Indonesia. Sedangkan untuk di luar kota Jakarta saya sendiri belum mengetahuinya. Jika Anda berminat untuk mengetahui lokasi dan promo lebih lanjut, Anda bisa langsung mengakses Facebook Chatime di sini , atau follow Twitter mereka di sini.